Waktu yang Paling Tepat Bagi Ibu Hamil Melakukan USG

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang akan dilakukan oleh ibu hamil adalah melakukan USG atau ultrasonografi. Dengan melakukan USG, maka kita bisa mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan sekaligus mengetahui apakah jenis kelamin dari sang buah hati hingga kondisi kesehatannya. Memang, kita bisa saja melakukan USG dengan frekuensi yang cukup sering jika ingin terus memantau kondisi janin, namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya USG dilakukan seperlunya saja. Sebenarnya, kapankah waktu-waktu terbaik untuk melakukan USG?

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Pada masa awal kehamilan

Pakar kesehatan menyebutkan jika masa awal kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk melakukan USG. Hal ini dikarenakan USG dapat membantu ibu hamil mengetahui usia kehamilan dengan tepat dan mengetahui posisi janin. Biasanya, waktu 8 hingga 12 minggu kehamilan dianggap sebagai waktu yang cocok untuk melakukan USG di fase awal kehamilan.

Pada masa trimester kedua

USG pada usia kehamilan trimester kedua sangatlah penting untuk mengecek kondisi janin dalam keadaan normal atau memiliki masalah. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil dan dokter kandungan bisa mengetahui kondisi janin dengan lebih baik sehingga bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Usia kehamilan mencapai 20 minggu

Pada USG pada usia kehamilan ini, dokter kandungan biasanya akan memberikan penjelasan yang jauh lebih rinci mengenai kondisi janin dan kehamilan. Sebagai contoh, letak plasenta, jumlah air ketuban, posisi janin, atau bahkan kondisi fisik janin akan diberitahukan ke ibu hamil.

Menjelang proses persalinan

Menjelang persalinan, USG sebaiknya memang dilakukan agar kita bisa lebih mengetahui kondisi janin dengan baik. USG ini juga bisa menentukan apa saja yang harus dipersiapkan menjelang proses persalinan. Sebagai contoh, apakah persalinan nanti bisa dilakukan secara normal atau harus dengan operasi, atau bahkan apakah ada tali pusar yang melilit atau tidak. Dengan mengetahui hal-hal ini, diharapkan proses persalinan bisa dilakukan dengan aman.