informasi kesehatan


Waktu Tepat Tes Kehamilan

Waktu Tepat Tes Kehamilan

            

Doktersehat.com – Segera mendapatkan keturunan menjadi impian tiap pasangan. Tak heran bila banyak wanita yang senang bila terlambat haid, berharap terlambatnya haid menandakan bahwa ia sedang hamil.

Untuk memastikannya sebaiknya segera lakukan tes kehamilan. Sebab, tes kehamilan dapat mengukur hormon kehamilan yakni human chorionic gonadotropin (hCG).

Tes kehamilan yang biasa digunakan di rumah adalah tes urin yang mendeteksi kadar hCG dalam urin. Sayangnya, alat ini akan berfungsi dengan baik bila hormonnya sudah mencapai tingkat tertentu. Jika tes dilakukan terlalu awal tidak bisa untuk mendeteksi kehamilan karena kemungkinan hormon hCG dalam urin masih sedikit. Hasil tes kehamilan akan lebih akurat bila dilakukan 7 hari setelah haid.

Tes kehamilan akan menunjukkan tanda negatif karena beberapa alasan. Bisa dikarenakan Anda memang tidak hamil, tes dilakukan terlalu awal, ketidaktepatan menghitung masa subur, atau terjadi komplikasi kehamilan yang dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Tes kehamilan juga bisa dilakukan dengan mengukur kadar hCG dalam darah. Tes darah bisa mendeteksi kehamilan lebih awal ketimbang tes urin karena tes darah mampu mengukur kadar hCG dalam jumlah sedikit. Kehamilan sudah bisa diketahui setelah 6 – 8 hari setelah pembuahan. Namun, untuk melakukan tes darah dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Sumber: kompas.com

pf button both Waktu Tepat Tes Kehamilan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>