Inilah Waktu yang Tepat untuk Olahraga Ketika Puasa

doktersehat-jogging-olahraga-lari

DokterSehat.Com– Olahraga adalah hal penting yang tidak boleh ditinggalkan. Walau puasa, semangat olahraga tetap harus terjaga dan tidak boleh kendur agar fisik tetap sehat serta prima. Pasalnya, tidak sedikit orang yang enggan melakukan olahraga ketika puasa dengan dalih takut lemas dan kehabisan energi.

Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar. Sebab, puasa bukanlah alasan yang tepat karena sama sekali tidak mengganggu aktivitas, termasuk olahraga. Justru, dengan berolahraga saat puasa akan membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat. Dengan dibiasakan, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang tidak terduga sebelumnya.

Namun, walau olahraga terbilang aman dilakukan saat puasa, bukan berarti Anda harus berolahraga di siang ataupun sore hari. Menurut pakar kesehatan, ada waktu yang sangat tepat Anda gunakan untuk olahraga. Waktu tersebut adalah selepas subuh. Ya, waktu tersebut kondisi Anda masih sangat bugar karena baru saja makan sahur.

Selain itu, berolahraga di waktu subuh juga sangat baik bagi pernapasan Anda, sebab pada waktu subuh udara sangat segar dan tidak ada polusi. Tapi perlu diingat, olahraga yang boleh Anda lakukan hanyalah olahraga ringan, seperti lari, senam, yoga, ataupun olahraga ringan lainnya yang bertujuan memberi kebugaran pada tubuh.

Sebab, jika Anda melakukan olahraga berat, maka energi Anda akan terkuras sehingga Anda menjadi sangat lemas saat siang hari. Dilansir dari laman LiveStrong, olahraga yang efektif pada waktu subuh ketika puasa adalah berjalan santai dengan waktu tak lebih dari 15 menit. Selepas olahraga, masih ada waktu beberapa jam untuk melanjutkan tidur Anda ataupun bersiap-siap berangkat kerja.

Namun, tidak lupa pula. Kualitas tidur pada malam hari juga harus dijaga. Usahakan untuk tidur lebih awal sehingga jam tidur Anda lebih lama. Sebab, dalam menjalankan puasa, Anda harus bangun dini hari untuk melakukan sahur.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik