Wajib Tahu Makanan Yang Mengandung Alkohol Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Anda pasti sudah tahu bahwa mengkonsumsi alkohol saat hamil merupakan kebiasaan buruk yang dapat memicu kesehatan janin. Bahkan penelitian menunjukan bahwa anak yang terlahir dari ibu yang sering mengkonsumsi alkohol akan mempengaruhi tingkat kesehatan dan kecerdasan anak.

14

Benarkah anda sudah menghindari mengkonsumsi alkohol saat hamil ? Coba cek kembali makanan favorit anda, beberapa diantaranya mungkin mengandung kandungan alkohol yang tanpa anda sadari membahayakan kesehatan. Anda wajib cari tahu apa saja makanan yang mengandung alkohol, sehingga mengurangi gangguan kesehatan pada janin.

Alkohol pada makanan

Ketika mengkonsumsi makanan di luar rumah tanpa anda sadari ada jenis bumbu dapur tertentu yang tanpa anda sengaja konsumsi dan mengandung alkohol. Meskipun kini lembaga MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah membantu anda dengan memberikan label halal sehingga mudah untuk mengenali makanan yang mengandung alkohol.

Penelitian yang dilakukan pada makanan yang mengandung alkohol sejauh belum ada kesepakatan. Meskipun demikian sebagian kalangan mengatakan untuk memberikan pantangan pada ibu hamil dalam mengkonsumsi alkohol, meskipun setetes. Apakah itu berlaku pada makanan beralkohol? Bagi anda yang bijak, sebaiknya memang menghindari terlebih ketika anda sedang hamil.

Berikut ini beberapa makanan yang seringkali mengandung alkohol :

  • Kandungan liquer pada permen ataupun coklat. Anda dapat membaca setiap kemasan permen atau coklat yang anda pilih. Pastikan terhindar dari kandungan liquer.
  • Alkohol pada makanan tradisional. Kandungan alkohol pada menu makanan tradisional akan meningkat seiring dengan waktu fermentasi. Sehingga kandungan alkohol akan semakin membahayakan jika semakin lama di fermentasi. Beberapa makanan tradisional yang mengandung alkohol adalah brem, tape singkong, tape ketan atau durian fermentasi.
  • Alkohol pada campuran minuman tertentu. Anda dapat bertanya langsung pada pramusaji mengenai minuman yang anda pesan sehingga memastikan tidak menggunakan rhum atau alkohol.
  • Hindari makanan yang mengandung arak merah/mirin atau arak putih. Biasanya digunakan untuk menambah selera.Umumnya digunakan pada masakan jepang, kandungan alkohol pada mirin umumnya 14% dan digunakan pada sushi.
  • Beberapa kue yang menggunakan rhum balls atau butter rhum cake umumnya memiliki kadar alkohol 30%. Anda dapat memastikan dengan bertanya pada outlet cake tersebut apakah mengandung rhum atau tidak . Kini beberapa outlet telah memberi label pada cake yang mengandung rhum.
  • Alkohol yang dijadikan sebagai penyedap makanan. Umumnya digunakan pada masakan western food, chinese food, atau beberapa menu makanan asing lainnya. Penyedap makanan yang mengandung alkohol adalah Ang  Chiu. Digunakan dalam masakan daging, seafood, saus penyedap atau tumisan.
Baca Juga:  Menyusui Mampu Menurunkan Berat Badan

Dengan mengetahui beberapa makanan yang mengandung alkohol, anda lebih waspada dan mengurangi resiko yang dapat ditimbulkan dari konsumsi alkohol. Umumnya resiko yang ditimbulkan adalah lahir dengan berat di bawah normal, lingkar kepala kecil, mengalami kelainan sendi, kemampuan kordinasi yang lambat, panjang tubuh saat lahir pendek dari normal atau mengalami ingatan yang pendek.