Wajarkah Mual Sebelum Fase Menstruasi?

DokterSehat.Com – Selain rasa nyeri pada perut atau rasa tidak nyaman pada payudara, kaum hawa juga bisa mengalami mual-mual saat fase PMS. Selain membuat perut kita sangat tidak nyaman, mual-mual ini juga akan berpengaruh besar pada nafsu makan yang tentu akan berimbas besar pada kegiatan sehari-hari. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah mual-mual pada wanita sebelum fase menstruasi ini adalah hal yang normal?

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

Pakar kesehatan menyebutkan jika rasa mual saat PMS tidak perlu dikhawatirkan karena memang hal yang wajar. Hal ini ternyata dikarenakan oleh adanya perubahan hormone di dalam tubuh wanita secara drastis. Tak hanya itu, jika wanita juga kerap melakukan pola makan yang tidak sehat layaknya suka mengkonsumsi makanan asin serta meminum kafein dan mudah terkena stress, maka mual-mual ini bisa semakin parah. Beruntung, kita bisa mengatasi mual-mual ini dengan cara-cara alami seperti sebagai berikut.

Mengompres dengan air hangat
Saat perut terasa mual, maka otot-otot pada perut juga cenderung lebih tegang dari sebelumnya. Cobalah untuk mengompres perut dengan air hanga sehingga otot-otot tersebut bisa menjadi lebih rileks. Kita bisa memakai botol air minum yang diisi dengan air hangat dan tempelkan pada perut yang mengalami nyeri atau mual-mual. Biasanya, setelah beberapa menit, kondisi perut akan lebih baikan.

Mengkonsumsi jahe hangat
Jahe hangat sangatlah nikmat untuk diminum saat suhu dingin atau dikala hujan. Namun, tahukah anda jika jahe hangat juga bisa mengatasi mual-mual dan gejala PMS lainnya? Jahe yang kaya akan kandungan anti inflamasi dan anti pasmodik ternyata bisa secara efektif menurunkan rasa mual dengan cepat.

Menghindari makanan berlemak terlebih dahulu
Kombinasi antara mual-mual dan makanan berlemak bisa menjadi bencana mengingat makanan berlemak cenderung lebih lama untuk dicerna dan akan membuat perut akan semakin tidak karuan. Hindari konsumsi makanan berlemak di fase PMS.

Baca Juga:  Kopi Bisa Menurunkan Resiko Terkena Demensia Pada Wanita

Minum suplemen vitamin B6
Suplemen vitamin B6 dengan kadar 100 mg diyakini akan secara efektif menurunkan mual-mual dan gejala PMS lainnya. Hanya saja, ingatlah bahwa 100 mg adalah kadar yang direkomendasikan dan sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.