Wajarkah Jika Wanita Tidak Pernah Orgasme Saat Berhubungan Intim?

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika orgasme adalah puncak kenikmatan yang diidam-idamkan pria atau wanita setiap kali melakukan hubungan intim. Hanya saja, dalam realitanya kaum pria cenderung lebih mudah mengalami orgasme daripada wanita dimana lebih dari 90 persen pria akan mengalaminya setiap kali berhubungan intim sementara hanya 25 persen dari wanita yang akan mengalaminya.

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-menular

Dalam beberapa kasus, ada wanita yang bahkan sudah berkali-kali berhubungan intim namun tidak pernah mengalami orgasme. Apakah hal ini wajar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bisa jadi hal ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi antara pasangan saat berhubungan intim sehingga wanita tidak merasa nyaman saat melakukannya dan akhirnya tidak bisa mencapai klimaks. Tak hanya itu, bisa jadi wanita ternyata mengalami masalah yang disebut sebagai disfungsi orgasme.

Disfungsi orgasme atau anorgasmia adalah kondisi yang membuat seseorang kesulitan untuk mendapatkan orgasme saat berhubungan intim meskipun kondisinya sudah sangat terangsang atau mendapatkan hubungan intim yang cukup berkualitas. Tak hanya wanita, kaum pria juga bisa mengalami kondisi ini walaupun kasusnya sangat jarang. Dalam dunia medis, disfungsi orgasme bisa dibagi menjadi empat jenis yakni:

  • Anorgasmia primer atau kondisi dimana seseorang tidak pernah orgasme.
  • Anorgasmia sekunder atau kondisi dimana seseorang kesulitan mencapai orgasme namun pernah mengalaminya meskipun jarang.
  • Anorgasmia situasional yang kerap dialami dan membuat seseorang hanya bisa mendapatkan orgasme saat mendapatkan rangsangan seksual tertentu saja seperti saat mendapatkan oral seks saja.
  • Anorgasmia umum atau kondisi dimana seseorang benar-benar tidak bisa orgasme meskipun sudah mendapatkan rangsangan seksual yang cukup.

Penyebab dari disfungsi orgasme bisa disebabkan oleh faktor fisik hingga kondisi psikologis. Sebagai contoh, wanita mengalami diabetes, sudah dalam usia menopause, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, trauma karena mengalami kekerasan seksual sebelumnya, hingga terkena stress atau depresi.

Baca Juga:  Tanda Tubuh Kurang Berhubungan Seksual

Untuk mengobati masalah ini, ada baiknya wanita harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan pengobatan atau terapi yang bisa membantu mereka mendapatkan kepuasan saat berhubungan intim.