Wajarkah Jika Vagina Terasa Gatal Saat Hamil

DokterSehat.Com – Saat menjalani kehamilan, tubuh kaum hawa akan mengalami berbagai macam perubahan baik itu dalam hal fisik hingga psikis. Berbagai perubahan ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan layaknya datangnya morning sickness, kaki yang membengkak, hingga kecenderungan untuk mudah lelah. Namun, ada salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu ibu hamil. Masalah tersebut adalah vagina yang terasa gatal.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa vagina yang terasa gatal pada ibu hamil ternyata adalah hal yang wajar terjadi. Biasanya, hal ini dipicu oleh respon alami dari organ vital ibu hamil ini pada perubahan hormon yang sangat signifikan selama fase kehamilan. Respon yang berupa peningkatan produksi cairan inilah yang akhirnya menyebabkan vagina cenderung lebih mudah terkena iritasi dan mudah terkena gatal-gatal atau pembengkakan.

Meskipun wajar terjadi, pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa masalah ini juga tidak bisa serta-merta dianggap remeh mengingat tingginya kadar hormon estrogen pada tubuh wanita hamil akan membuat produksi glikogen ikut meningkat. Padahal, glikogen ini bisa memicu pertumbuhan sel jamur pada dinding vagina. Tak hanya itu, di area vagina ibu hamil juga cenderung mengalami penurunan tingkat keasaman dan hal ini ternyata bisa membuat bakteri mudah untuk berkembang biak dan pada akhirnya memicu infeksi vagina.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil untuk mewaspadai munculnya infeksi pada organ vitalnya andai merasakan gejala-gejala layaknya rasa gatal-gatal yang luar biasa dan disertai dengan sensasi terbakar hingga adanya iritasi kemerahan yang cenderung semakin meluas pada organ vitalnya. Tak hanya itu, jika vagina mulai mengeluarkan cairan dengan warna putih susu dan berbau asam dan menyengat, maka hal ini bisa jadi memang disebabkan oleh infeksi jamur. Sementara itu, infeksi bakteri pada vagina biasanya disertai dengan munculnya cairan berwarna kuning atau kehijauan dan berbau amis.

Baca Juga:  Infeksi Vagina - Ulasan Singkat

Jika mulai merasakan gejala-gejala tersebut, ibu hamil sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.