Wajarkah Jika Siklus Haid Mendadak Lebih Panjang Dari Biasanya?

DokterSehat.Com– Setiap wanita tentu khawatir dan bertanya-tanya saat mengetahui bahwa siklus haid yang sedang dialami ternyata lebih lama dari biasanya. Apakah hal ini normal adanya?

doktesehat-mens-haid-sakit-perut

Pakar kesehatan dr. Kartika Mayasari menyebutkan bahwa normalnya, haid akan terjadi dua hingga 8 hari dengan darah kotor yang keluar biasaanya sekitar 25 hingga 80 mililiter setiap harinya. Hanya saja, dalam beberapa kondisi tertentu, jumlah darah sekaligus lamanya waktu haid ini juga bisa bertambah. Menurut dr. Kartika, hal ini biasanya terjadi karena gangguan siklus haid.

Dalam dunia medis, haid yang bisa berlangsung lebih dari 7 hari ini disebut sebagai hipermenorrea. Yang menjadi masalah adalah, jika haid ini berlangsung terlalu lama dan darah yang keluar pada tubuh juga cenderung sangat banyak setiap harinya, hal ini bisa saja menyebabkan tubuh kehilangan cukup banyak darah dan akhirnya memicu masalah anemia. Sebagai informasi, darah yang keluar bisa dianggap terlalu banyak jika kita harus mengganti pembalut sampai 6 kali dalam sehari atau yang dalam dunia medias disebut sebagai menorraghia.

Berikut adalah beberapa penyebab dari darah haid bisa keluar dalam jumlah yang terlalu banyak.

  • Terjadi kelainan organik.
  • Terjadi infeksi pada saluran reproduksi.
  • Terdapat kelainan koagulasi yang disebabkan oleh penyakit von Willebrand, kekurangan protombin, dan berbagai penyebab lainnya.
  • Terjadinya kelainan fungsi organ yang akhirnya berimbas pada munculnya menorraghia layaknya gagal ginjal atau penyakit hati kronis. Kondisi ini memang bisa mempengaruhi pembekuan darah dan menurunnya hormon estrogen pada tubuh.
  • Terdapat kelainan pada hormon endokrin atau pada kelenjar tiroid dan adrenal.
  • Mengalami Sindrom Polikistik Ovarium atau PCOS.
  • Mengalami kelainan anatomi rahim layaknya terdapat mioma uteri, polip endometrium, terdapat kanker pada dinding rahim, dan kelainan lainnya.
  • Mengalami Latrogenik sebagai efek samping pemakaian kontrasepsi IUD atau konsumsi obat-obatan tertentu.
Baca Juga:  Penyebab Darah Haid Sedikit

Jika anda khawatir dengan siklus haid yang mendadak lebih lama dari biasanya dan disertai dengan darah yang sangat banyak, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang terbaik.