Wajarkah Jika Kita Bangun Tidur Dengan Mata Merah?

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh yang paling penting adalah mata. Tanpa adanya mata, kita tentu akan kesulitan untuk melihat dan melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Sayangnya, kebanyakan orang tidak memperhatikan kesehatan matanya dengan baik. Sebagai contoh, selain kerap membaca dengan posisi yang tidak benar atau di ruangan yang gelap, kini kita juga kerap menggunakan gadget dengan berlebihan. Hal ini tentu bisa merusak penglihatan kita.

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

Salah satu masalah kesehatan mata yang kerap dialami adalah masalah mata merah. Biasanya, hal ini terjadi karena mata sudah berada dalam kondisi yang lelah atau saat terkena debu, kotoran, dan benda asing lainnya. Namun, jika kita cermati, terkadang kita juga mengalami masalah mata merah saat kita baru saja bangun tidur. Apakah hal ini tidak apa-apa?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita sesekali bangun tidur dengan kondisi mata merah, hal ini ternyata wajar adanya. Hanya saja, jika kondisi mata merah ini juga tidak kunjung mereda setelah kita berusaha untuk membasahinya dengan air mata atau menggunakan obat tetes mata, maka bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah mata kering. Ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan mata pada dokter untuk mengetahui apa penyebab dari masalah mata kering ini dan mendapatkan obat yang tepat.

Biasanya, dokter akan memberikan air mata buatan untuk mengatasi masalah mata kering ini. Jika tidak, dokter mungkin akan memberikan suplemen yang mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu mengembalikan fungsi saluran air mata agar bisa kembali melembabkan mata dengan normal. Jika semua solusi ini tidak mampu menyembuhkan masalah mata kering, bisa jadi hal ini disebabkan oleh paradangan pada kornea mata yang tentu harus mendapatkan penanganan medis yang lebih serius.