Wajan Anti Lengket Bisa Picu Kanker

Doktersehat.com – Pemicu kanker tidak hanya berasal dari faktor gaya hidup yang tidak sehat saja, benda yang kita pakai sehari-hari pun bisa menjadi pemicu timbulnya kanker. Seperti gelas sekali pakai sterofoam. Dalam pembuatannya gelas stereofoam tersebut memakai bahan kimia yang disebut styrene. Bahan kimia styrene, banyak dipakai dalam gelas sekali pakai atau wadah kemasan, termasuk dalam jenis bahan kimia yang harus diwaspadai karena diduga kuat bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Menurut Departemen Kesehatan AS, ada bahan kimia lainnya yang bersifat karsinogen yakni cobalt-tungsen carbide, captafol, o-nitrotulene, dan juga riddelline.



Styrene merupakan bahan kimia yang dipakai secara luas, mulai dari wadah minuman, fiberglass, pipa plastik, hingga onderdil otomotif. Orang yang terkena paparan styrene dalam jumlah yang tinggi akan beresiko terkena serangan kanker leukemia dan limfoma. Selain itu, ada juga fakta yang menunjukkan bahaya styrene bagi manusia bisa menyebabkan kanker pankreas dan esofagus.

Selain styrene, ada zat lainnya yang tak kalah beresiko seperti formaldehyde yang biasanya banyak digunakan sebagai pengawet produk-produk tekstil dan plastik. Asam asritolochic yang banyak dipakai dalam berbagai produk herbal untuk mengobati asam urat, inflamasi dan juga rematik, sebaiknya juga diwaspadai karena cukup beresiko menimbulkan kanker.

Meski demikian, penjelasan tersebut bukan berarti bahwa bahan-bahan kimia tersebut bisa secara langsung menjadi penyebab kanker, ada banyak faktor yang juga berperan signifikan seperti kerentanan tiap-tiap orang, besar kecilnya jumlah bahan kimia yang terpapar, dan sebagainya.

Dalam penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2009 bertajuk Occupational and Environmental Medicine disebutkan bahwa ada bahan kimia yang digunakan dalam pabrik karet yang berpotensi menyebabkan kanker pada orang-orang yang terpapar secara terus-menerus.

Baca Juga:  Susah Menelan Tandai Kanker Payudara dan Esofagus

Bahan kimia yang disebut dengan MBT dengan rumus kimia 2-mercaptobenzothiazole merupakan bahan yang menyebabkan kanker (karsinogen). Orang yang terkena MBT ini memiliki resiko kanker usus besar dan mieloma ganda lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang terbebas dari paparan MBT.

Selain gelas sekali pakai, panci anti lengket juga patut diwaspadai sebab peralatan dapur  ini mengandung zat kimia yang bernama perfluorocarbon (PFC). PFC merupakan jenis bahan kimia yang banyak digunakan pada produk panci anti-lengket dan pengemas makanan yang bersifat menolak air dan lemak.

Zat ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan, uap atau debu yang ada disekitar ruangan rumah sehingga Anda pasti tidak akan menyadarinya. Menurut penelitian, paparan PFC dalam tubuh manusia khususnya di kalangan perempuan sangat erat kaitannya dengan menopause atau penuaan dini. Selain itu, perempuan yang mengandung PFC di dalam tubuhnya secara signifikan memiliki kandungan estrogen yang rendah.

Berhati-hatilah memilih benda yang akan Anda gunakan sehari-hari. Pastikan benda terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan Anda.

Dari berbagai sumber