Wah Ternyata Sering Konsumsi Makanan Manis Bisa Menjaga Bentuk Tubuh

DokterSehat.Com – Makanan manis biasanya banyak dihubungkan dengan diabetes dan obesitas yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kelumpuhan dan bahkan kematian. Namun berdasarkan penelitian terbaru, makanan manis ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama bagi Anda yang sedang diet.



Mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan otak Anda membentuk memori makanan. Memori inilah yang akan membantu Anda mengontrol kebiasaan makan Anda.

Neuron di hippocampus dorsal, bagian dari otak yang sangat penting untuk memori episodik, diaktifkan saat mengkonsumsi makanan manis. Memori episodik adalah sebuah memori tentang diri Anda yang mengalami perubahan tergantung tempat dan waktu.

Memori episodik dapat digunakan untuk mengontrol perilaku makan, kata Marise Parent, professor di Georgia State University, Amerika Serikat, seperti yang dilansir dari laman Hindustan Times, Sabtu (14/11).

Penelitian ini juga mengungkapkan orang yang menderita obesitas dihubungkan dengan kebiasaan mengemil, dimana orang dengan obesitas mengemil lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengidap obesitas.

Dalam penelitian ini dispesifikasikan makanan manis yang baik untuk kesehatan, termasuk di dalamnya sukrosa dan sakarin. Keduanya dapat meningkatkan plastisitas sinaptik dari hippocampus dorsal. Plastisitas sinaptik sendiri adalah proses yang diperlukan untuk membuat suatu memori.

BACA JUGA : Keputihan