Wah Ternyata Sakit Jiwa Ada Banyak Sekali

DokterSehat.Com – Gangguan jiwa merupakan penyakit yang dapat dialami oleh setiap orang. Gangguan jiwa atau dikenal juga dengan istilah gila merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh beberapa macam faktor seperti faktor genetik, virus, auto body, malnutrisi dan penyebab umum lainnya.

doktersehat-gangguan-kepribadian-ambang

Penyebab
Penyebab sakit jiwa seringkali tidak diketahui. Sakit jiwa dapat dilatarbelakangi oleh berbagai hal. Umumnya dipikirkan dari faktor genetik maupun faktor lingkungan sekitar atau perpaduan dari faktor-faktor tertentu.

Kurang pikir positif
Memikirkan hal-hal yang negatif akan merasa takut dan malas untuk melakukan sebuah tindakan atau perubahan di dalam hidupnya, maka masalah seperti ini membuat seseorang mengalami penurunan kepercayaan diri dan merasa merasa tidak mampu.

Penderita depresi ini cenderung akan untuk terus menyalahkan diri sendiri, dan kesalahan kecil yang diperbuatnya akan dianggap sebagai masalah besar. Keadaan yang kurang baik seperti ini bisa menghambat perkembangan dirinya dan bahkan bisa menjurus pada rasa putus asa karena merasa dirinya selalu salah dan tidak bisa melakukan segala sesuatu dengan benar.

Masalah lainnya bahwa tidak jarang orang yang merasa bahwa hal-hal yang sedang mereka hadapi adalah sesuatu yang tidak seharusnya mereka jalani, keadaan yang seperti ini bisa menimbulkan beban tersendiri, serta tidak dapat memotivasi diri sendiri dan merasa lemah menghadapi beban hidup.

Cara Mengatasi
Depresi ini dapat muncul dari adanya rasa frustasi, rasa sedih yang mendalam, ketidakmampuan dalam melakukan sesuatu dan semacamnya. Dampak negatif dari seseorang yang mengalami depresi yaitu merasa putus asa, hilang semangat serta banyak pikiran, yang jika itu terjadi secara berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Untuk menghindari dan mengatasi depresi yang sangat memberatkan jiwa seperti ini maka kira perlu mengenali lebih baik lagi tentang diri kita dan perasaan diri sendiri, dengan mau dan lapang dada untuk menerima kelemahan diri sendiri, hal ini sangat baik dilakukan karena dapat menghilangkan beban kehidupan yang tidak mampu untuk kita tanggung, kita akan lebih melakukan hal-hal yang sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga:  Faktor Psikologis yang Menyebabkan Insomnia

Hal selanjutnya yang HARUS dilakukan yaitu bangkit dari kegagalan dan rasa depresi yang kita derita, Kamu dapat melakukan hal-hal sederhana seperti olahraga ringan, jogging yang dapat merefesh tubuh dan pikiran sehingga lebih segar. Kemudian jangan lupa juga untuk meminta bantuan, masukan, pemecahan masalah dari pihak terdekat seperti keluarga, kerabat dan teman akrab, kita juga bisa pergi ke psikoterapi untuk mengatasi masalah gangguan jiwa, depresi dan rasa frustasi yang kita hadapi.

Kemudian bersikap sederhana dalam sesuatu, apabila kamu memang merasa hidup sudah terasa susah, maka janganlah dibuat semakin rumit dengan adanya pemikiran negatif dari dalam diri.

BACA JUGA : Sering Selfie Bareng Teman Bisa Menularkan Kutu Rambut