Wah, Rokok Ternyata Bisa Membuat Tulang Keropos

DokterSehat.Com – Rokok sudah dikenal luas sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan yang serius layaknya penyakit jantung, kanker paru, hingga gangguan seksualitas. Tak hanya itu, sebuah penelitian terbaru bahkan menunjukkan fakta dimana efek kesehatan dari rokok ternyata jauh lebih berbahaya dari yang kita kira. Bagaimana tidak, rokok ternyata juga bisa memicu masalah tulang keropos!

doktersehat-rokok

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam rokok terdapat berbagai kandungan yang sangat buruk bagi kesehatan layaknya nikotin dan berbagai radikal bebas. Yang menjadi masalah adalah, radikal bebas yang ada dari rokok ini ternyata bisa memicu kerusakan sel dan gangguan pada hormon tubuh. Hal ini ternyata bisa menyebabkan masalah pada pembentukan tulang. Tak hanya itu, kandungan nikotin di dalam rokok ternyata juga mampu merusak sel-sel tulang atau yang bernama osteoblast.

Jika kita merokok dalam jangka panjang, maka kerusakan pada sel-sel tubuh juga akan berlangsung dengan semakin parah. Tak hanya itu, karena merokok juga mampu membuat kadar hormon kortisol di dalam tubuh meningkat dengan signifikan, maka tulang pun akan lebih mudah mengalami pengeroposan dalam waktu yang lebih cepat.

Kepadatan tulang seharusnya tercapai pada saat usia kita mencapai 30-an. Namun, jika kita merokok pada usia dini, khususnya pada usia remaja, maka kepadatan tulang ini tidak akan mencapai maksimal dan pada akhirnya kita pun akan lebih beresiko untuk terkena masalah pengeroposan tulang di usia yang tidak terlalu tua. Bahkan, andai kita pun sudah mendapatkan asupan kalsium atau vitamin D yang cukup, masalah pengeroposan tulang ini tidak akan tertahankan andai kita merokok. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi merokok demi kesehatan tubuh, khususnya kesehatan dan kekuatan tulang.