Wah, Ini Dia Satu Lagi Manfaat Green Tea

DokterSehat.Com Green Tea atau teh hijau tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Green tea merupakan nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Berbagai merk teh terkenal sudah membuat produk teh jenis ini dan saat ini banyak restauran mencantumkan green tea dalam list menunya. Tak hanya itu, banyak sekali produk olahan mengambil green tea sebagai salah satu cita rasa yang ditawarkan. Selain rasa yang enak, tentu manfaatnya yang banyak membuat orang melirik jenis teh yang satu ini.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Sebuah penelitian mengungkapkan fakta baru mengenai khasiat green tea. Kebiasaan minum green tea ternyata berkaitan dengan menurunnya risiko demensia dan penurunan memori serta berpikir pada orang lanjut usia.
Penelitian tersebut melihat kebiasaan minum teh dan kopi pada orang usia lebih dari 60 tahun. Sampel dikelompokkan berdasar sering tidaknya minum green tea : tidak sama sekali, 1-6 hari dalam seminggu, atau minum rutin setiap hari. Ketiga kelompok tersebut tidak dibedakan jenis kelamin, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, atau kebiasaan minum kopi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi green tea 1-6 hari dalam seminggu atau rutin minum green tea setiap hari ternyata berhubungan dengan menurunnya risiko demensia dan penurunan memori. Sebaliknya, lansia yang tidak minum green tea memiliki skor lebih rendah dari hasil tes memori. Mereka juga memiliki hobi yang lebih sedikit dan memiliki lebih sedikit aktivitias dibandingkan dengan mereka yang rutin mengkonsumsi green tea.

Memiliki masa tua yang bahagia tanpa demensia dan penurunan fungsi memori tentunya merupakan cita-cita setiap orang. Bagaimana tidak? Demensia dan penurunan fungsi memori tentunya membuat seorang lansia menjadi tidak mandiri, kualitas hidup menurun, begitu pula dengan orang sekitarnya. Dengan adanya hasil temuan diatas, dapat diupayakan cara pencegahan sedini mungkin salah satunya dengan minum green tea rutin setiap hari atau 1-6 hari per minggunya. Kita dapat memberitahukan dan menyarankan untuk minum green tea kepada orang tersayang disekitar kita, terutama mereka yang memiliki risiko tinggi menderita demensia.