Wah, Ini Dia Manfaat Lain ASI untuk Asma

DokterSehat.Com – ASI sudah dikenal lama memiliki manfaat baik bagi kesehatan bayi. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak yang mendapat ASI mendapat manfaat proteksi terhadap terjadinya asma. Anak yang tidak pernah mendapat ASI memiliki risiko yang tinggi memiliki gejala asma pada usia 6 tahun dibandingkan mereka yang mendapat ASI. Risiko terjadinya infeksi saluran napas juga meningkat pada anak yang tidak pernah mendapat ASI.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Penelitian ini mengambil data dari 5675 anak di Belanda. Kuesioner digunakan untuk menilai pola pemberian ASI dan pola wheezing pada kehidupan awal sampai usia 6 tahun. Asma pada usia 6 tahun ditentukan berdasarkan apakah anak pernah didiagnosis klinis menderita asma sebelumnya.

Hasil dari penelitian tersebut adalah anak yang tidak mendapat ASI memiliki peningkatan risiko terjadinya late wheezing (wheezing ditemui pada penderita asma) pada usia antara 3 hingga 6 tahun, dan mengalami persistent wheezing diantara usia 3 hingga 6 tahun, dibandingkan dengan anak yang mendapat ASI.

Selanjutnya, pada anak yang diberi ASI, dari kelompok yang hanya mendapat ASI dalam periode pendek berhubungan dengan terjadinya early wheezing pada usia dibawah 3 tahun dan terjadi asma pada usia 6 tahun, dibandingkan dengan anak yang mendapat ASI 6 bulan atau lebih. Namun demikian, hubungan antara durasi pemberian ASI dan early wheezing atau asma menjadi kurang signifikan ketika peneliti menilai infeksi saluran napas bawah.

Anak-anak yang diperkenalkan pada makanan dan minuman selain ASI pada empat bulan pertama kehidupan memiliki risiko tinggi mengalami early wheezing dibandingkan anak yang mendapat ASI eksklusif. Para peneliti berasumsi bahwa anak-anak yang tidak pernah atau hanya mendapat sedikit ASI eksklusif cenderung lebih sering mengalami infeksi saluran napas. Hal ini kemungkinan dikarenakan adanya antibodi dan faktor sekresi lain yang terdapat di dalam ASI yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga dapat menurunka infeksi saluran napas.

Baca Juga:  Manfaat Bersepeda Setiap Hari Bagi Tubuh Untuk Diet Wanita

Penelitian diatas yang menggunakan kuesioner tentunya memiliki keterbatasan, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun demikian, pemberian ASI eksklusif tetap dianjurkan karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan bayi.