Waduh, Pria Ternyata Tidak Boleh Terlalu Sering Makan Cokelat

DokterSehat.Com– Cokelat adalah salah satu makanan yang disukai oleh semua orang. Pria, wanita, orang dewasa, lansia, termasuk anak kecil semuanya suka dengan makanan yang memiliki rasa manis ini. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, telah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat cokelat dalam menurunkan stress. Sayangnya, bagi kaum pria, cokelat ternyata sebaiknya tidak sering-sering dimakan karena makanan ini justru bisa menyebabkan depresi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-cokelat

Di dalam produk cokelat, kita ternyata bisa menemukan kandungan gula cukup tinggi. Padahal, pria cenderung lebih mudah terkena depresi jika konsumsi gula hariannya melebihi 67 gram. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Anika Knuppel yang berasal dari University College London’s Institute of Epidemiology and Health. Dalam penelitian tersebut, setidaknya ada 7 ribu pegawai negeri yang dilibatkan sejak tahun 1983 hingga tahun 2013. Para pegawai negeri ini kemudian dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan oleh jumlah konsumsi gula harian. Setelah dianalisa, disebutkan bahwa konsumsi gula harian dalam jumlah tertentu memang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan semua orang, khususnya kaum pria. Jika seorang pria mengkonsumsi gula lebih dari 67 gram dalam sehari, maka resiko untuk terkena masalah mental layaknya depresi atau kecemasan berlebih bisa meningkat hingga 23 persen.

Tak hanya berbahaya bagi kesehatan mental, penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Scientific Reports ini menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebihan juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya seperti obesitas dan diabetes. Sayangnya, produk makanan yang manis seperti cokelat memang bisa membuat kita merasa senang dan akhirnya memancing kita untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Baca Juga:  Makanan Enak Ini Bisa Mengatasi Penyakit Usus

Melihat adanya resiko kesehatan ini, ada baiknya kaum pria memang tidak terlalu sering mengkonsumsi cokelat.