Waduh, Penyakit Kulit Ini Bisa Membuat Susah Tidur

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit kulit yang bisa memberikan gejala cukup parah yakni berupa kulit yang bersisik dengan tebal, memicu ruam-ruam kemerahan, hingga kulit yang terkelupas adalah psoriasis. Sebenarnya, seperti apakah penyakit kulit ini?

doktersehat-psoriasis-kelainan-kulit-impetigo

Pakar kesehatan dr. Danang Tri Wahyudi, Sp.KK (K) yang berasal dari Rumah sakit Dharmais menyebut psoriasis sebagai penyakit genetik yang bisa diderita seseorang dalam waktu yang lama. Penyakit ini bisa menimbulkan gejala sangat parah dan menurunkan kondisi internal tubuh sekaligus kualitas hidup penderitanya.

Memang, gejala dari psoriasis yang paling umum adalah masalah gatal-gatal, pengelupasan, hingga ruam-ruam pada kulit. Namun, dalam realitanya, penyakit ini bisa merembet ke pembuluh darah dan memicu penyakit dalam yang tidak bisa disepelekan seperti diabetes, sindrom metabolik, hingga hipertensi. Bahkan, cukup banyak kasus yang menunjukkan bahwa penderita psoriasis bisa mengalami gangguan tidur hingga depresi.

Biasanya, mereka yang sudah mengalami psoriasis dengan gejala cukup parah-lah yang akan mengalami gangguan tidur atau depresi ini. Kondisi gejala psoriasis pada kulit sudah sangat mengkhawatirkan sehingga mereka takut menyentuh orang lain karena dianggap bisa menularkan penyakit ini. Bahkan, rasa gatal yang berlebihan atau ketakutan akan gejala ini bisa menyebar ke seluruh tubuh membuat mereka depresi.

Meskipun terlihat mengerikan, penderita psoriasis tidak perlu khawatir dengan berlebihan karena asalkan mereka mampu menjaga gaya hidup tetap sehat seperti dengan cara tidak lagi merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol serta selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang, maka penyakit ini bisa dikendalikan. Selain itu, penderita psoriasis juga sebaiknya rutin mengkonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter. Sebagai informasi, kini sudah ada obat yang mampu mengendalikan gejala psoriasis dengan tingkat keberhasilan 90 persen.