Waduh, Obat Kumur Bisa Memicu Diabetes?

DokterSehat.Com– Salah satu produk yang kerap digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut sekaligus membuat nafas menjadi lebih segar adalah obat kumur. Hanya saja, sebuah penelitian terbaru justru menghasilkan fakta mengejutkan dimana penggunaan obat kumur justru bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Laman kesehatan Reader’s Digest menyebutkan bahwa ada sebuah survey yang dilakukan oleh The San Juan Overweight Adults Longitudinal Study (SOALS) yang melibatkan 1.206 orang dengan tubuh cenderung gemuk namun tidak mengalami diabetes dengan usia 40 sampai 65 tahun. Hasilnya adalah, 43 persen dari total partisipan memakai obat kumur setiap hari dan 22 persen partisipan memakai obat kumur dua kali dalam sehari.

Yang cukup mengejutkan adalah, mereka yang memakai obat kumur dua kali atau lebih dalam sehari cenderung meningkatkan risiko mengalami kondisi pre-diabetes dan lebih rentan terkena diabetes dalam 3 tahun ke depan. Hal ini disebabkan oleh semakin tidak seimbangnya bakteri di dalam mulut akibat dari penggunaan obat kumur ini.

Greg Delfand, General and Cosmetic Dentist menyebutkan bahwa tubuh manusia membutuhkan nitric oxide yang memiliki peran pada fungsi insulin, hormon yang mengendalikan kadar gula dalam darah dan mampu mencegah datangnya diabetes. Dengan menggunakan obat kumur dengan berlebihan, maka keseimbangan bakteri di dalam mulut terganggu, khususnya dalam menurunkan jumlah bakteri baik yang mampu mereduksi nitrat. Hal ini ternyata bisa berimbas pada lebih mudahnya peradangan muncul dan membuat produksi insulin terganggu. Kondisi inilah yang akhirnya berimbas pada munculnya diabetes.

Delfand sendiri lebih merekomendasikan penggunaan obat kumur maksimal dua kali dalam seminggu, tepatnya di pagi hari. Selain itu, kita juga sebaiknya rajin-rajin mengkonsumsi makanan yang bisa membantu produksi nitrit dalam tubuh seperti bayam, selada, stroberi, dan raspberi demi mencegah datangnya diabetes.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik