Waduh, Minum Kopi atau Teh di Kantor Ternyata Bisa Berbahaya

DokterSehat.Com– Agar lebih bersemangat dan produktif, banyak orang yang memulai harinya di kantor dengan cara membuat kopi atau teh. Dengan mengkonsumsinya, pikiran akan menjadi lebih segar sehingga diharapkan kita bisa bekerja dengan lebih baik. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada bahaya kesehatan yang mengintai dari kebiasaan minum teh atau kopi di kantor ini.

dokter-sehat-teh-panas-asap-minuman-kopi

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa 20 persen cangkir atau gelas yang ada pada dapur kantor ternyata memiliki bakteri yang juga bisa ditemukan pada kotoran manusia. Bahkan, Dr. Charles Gerba, Ph.D yang merupakan professor mikrobiologi lingkungan dari Arizona University menyebutkan bahwa 90 persen cangkir di kantor memiliki kuman berbahaya.

Laman Mirror.co.uk juga menyebutkan bahwa 1 dari 5 gelas yang ada di dapur kantor bisa menjadi tempat dimana mikroba menjijikkan bersarang dan berkembang biak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dr. Gerba menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh kebiasaan pegawai kantor yang mencuci gelas atau peralatan makan lainnya di kantor dengan spons yang sama. Karena spons dipakai untuk mencuci berbagai macam peralatan makan dan tidak pernah dibersihkan atau diganti secara rutin, maka spons ini pun menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri berbahaya.

Jika anda tidak ingin terpapar kuman dan berbahaya tersebut, Dr. Gerba menyarankan kita untuk membawa gelas sendiri dari rumah dan mencucinya juga saat berada di rumah. Jika perlu, cucilah gelas ini dengan air panas demi membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.