Waduh, Membawa Tas Belanja Sendiri Ternyata Ada Resikonya

DokterSehat.Com– Kampanye untuk selalu membawa tas belanja sendiri saat mengunjungi supermarket atau pasar tradisional memang berhasil mengubah kebiasaan cukup banyak orang dalam hal menurunkan penggunaan kantong plastik. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tas belanja atau yang juga disebut sebagai reusable bag ini juga bisa memberikan resiko kesehatan. Seperti apakah resiko kesehatan tersebut?



Badan Standar Makanan dari Inggris (FSA), menyebutkan bahwa kebiasaan orang yang hanya memakai satu tas belanja saja untuk membeli berbagai barang seperti makanan mentah, makanan siap saji, atau bahan non makanan lainnya ternyata bisa memicu kontaminasi silang bakteri. Bakteri yang ada dalam bahan makanan mentah seperti daging misalnya, bisa saja memasuki makanan siap saji yang akan kita konsumsi dan akhirnya memicu keracunan makanan, diare, dan masalah kesehatan lainnya.

FSA menyarankan kita untuk memiliki beberapa tas belanja dan membedakannya sesuai dengan warna atau tanda khusus. Sebagai contoh, kita bisa menempatkan bahan makanan mentah layaknya daging mentah, ikan mentah, telur, atau sayuran di tas berwarna merah, sementara itu, tas warna hijau untuk makanan yang siap dikonsumsi seperti buah-buahan dan roti, dan tas berwarna kuning untuk bahan non makanan seperti tisu atau bahan lainnya.

Jika kita tidak memisahkah bahan-bahan tersebut dan menempatkannya di tas yang sama, apalagi jika tas ini juga jarang dicuci sehingga kerap dipakai untuk berbelanja dalam keadaan kotor, dikhawatirkan bakteri berbahaya seperti e.Coli dan Campylobacter berkembang biak dengan pesat dan mengkontaminasi bahan makanan yang siap dikonsumsi.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk memisahkan belanjaan di tas yang berbeda-beda dan selalu rutin mencucinya demi menurunkan kontaminasi silang bakteri penyebab penyakit.