Waduh, Makan Satu Cheeseburger Saja Sudah Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Anda suka makan cheeseburger (burger keju)? Cheeseburger memang termasuk dalam makanan yang sangat enak untuk dikonsumsi. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi salah satu jenis makanan cepat saji ini ternyata bisa memberikan dampak kesehatan bagi kesehatan tubuh. Seperti apakah dampak kesehatan tersebut?

doktersehat-burger-junk-food-kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di German Diabetes Center yang ada di Dusseldorf, Jerman, diketahui bahwa makan satu cheeseburger saja sudah cukup untuk mengubah sistem metabolisme tubuh. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko terkena penyakit hati dan diabetes.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan lemak pada cheeseburger yang bisa menurunkan sensitifitas tubuh pada insulin. Hal ini berarti, kemampuan insulin dalam menurunkan kadar gula dalam darah akan semakin menurun sehingga kadarnya akan terus tinggi dan akhirnya meningkatkan resiko diabetes. Tak hanya itu, tingginya lemak pada makanan ini bisa merusak fungsi hati.

Dalam penelitian yang melibatkan 14 orang kurus namun dalam kondisi sehat dengan rentang usia 20 hingga 40 tahun ini, para peserta diminta untuk mengkonsumsi minyak kelapa sawit dengan jumlah yang setara dengan lemak dalam cheeseburger. Hasilnya adalah, tubuh mengalami penurunan kepekaan pada insulin dan akhirnya menyebabkan trigliserida, sejenis lemak yang tidak sehat, mampu mengubah fungsi hati.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Clinical Investigation ini, disebutkan bahwa konsumsi cheeseburger bisa menurunkan sensitifitas insulin hingga 25 persen dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sering-sering mengkonsumsinya.