Waduh, Makan di Waktu Ini Bisa Membuat Berat Badan Naik

DokterSehat.Com– Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperhatikan apa saja yang kita konsumsi. Sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan hal lain yang juga penting dalam menjaga berat badan tetap ideal, yakni waktu makan yang tepat.

doktersehat-lapar-makan-wanita

Dilansir dari laman boldsky.com, diketahui bahwa mereka yang kerap makan di malam hari, apalagi yang dekat dengan waktu tidur cenderung memiliki massa tubuh sekaligus persentase lemak dalam tubuh yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang makan di waktu yang lebih awal. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang masih makan atau ngemil sembari menonton televisi atau mengobrol bersama dengan keluarga atau teman-teman di malam hari.

Dengan makan dekat dengan waktu tidur, maka kinerja hormon melatonin yang bisa menjaga kualitas tidur pun akan menurun. Tak hanya itu, hormon ini berperan besar pada jam biologis tubuh. Gangguan pada hormon ini tentu akan mengganggu berbagai sistem yang ada pada tubuh, termasuk sistem metabolisme tubuh yang akhirnya tentu berimbas pada naiknya berat badan tubuh.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan jika kita merasa lapar di jam-jam dekat dengan waktu tidur mengingat lapar juga bisa mengganggu kualitas tidur? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang sehat saja seperti buah-buahan, yoghurt, dan granola. Hanya saja, pastikan pula bahwa makanan yang dikonsumsi tidak terlalu berlebihan.