Waduh, Kerap Memijat Bagian Tubuh Ini Bisa Memicu Stroke

DokterSehat.Com– Seorang pria berusia 45 tahun yang berasal dari India diketahui mengalami kelumpuhan dan tidak lagi bisa berbicara karena terkena stroke. Yang tidak diduga adalah, penyebab dari stroke yang Ia alami ternyata karena kebiasaannya yang kerap memijat leher sebagai relaksasi.

doktersehat-sakit-tulang-leher

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa memijat sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Hanya saja, memijat bagian tubuh yang cenderung sensitif seperti pada leher atau tulang belakang memang bisa berbahaya jika dilakukan cukup sering atau sembarangan. Hal inilah yang terjadi pada pria India ini. Ia memijat lehernya setidaknya 2 hingga 4 kali dalam seminggu karena kerap merasa pegal pada bagian tubuh ini. Setelah dipijat inilah Ia mengaku kesulitan berbicara, tidak lagi mampu menggerakkan anggota tubuh, dan mengalami kelumpuhan sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Dr. Jaslovleen Kaur yang berasal dari Dayanand Medical College and Hospital, India, menyebutkan bahwa kebiasaan pria ini memijat lehernya ternyata memicu pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah menuju otak. Pembuluh darah ini akhirnya pecah dan memicu stroke yang membuatnya tak bisa berbicara dan mengalami kelumpuhan.

“Pembekuan darah akhirnya memicu penyumbatan pembuluh darah menuju otak. Hal ini membuat bagian frontal lobe pada otak kekurangan darah dan akhirnya memicu kelumpuhan pasien, termasuk membuatnya tidak bisa berbicara,” ujar dr. Kaur sebagaimana dikutip dari BMJ Case Reports.

Jika anda memiliki faktor resiko untuk terkena stroke seperti terbiasa merokok, memiliki masalah berat badan berlebihan, memiliki faktor genetik stroke, atau mengalami tekanan darah tinggi, ada baiknya tidak lagi sembarangan dalam melakukan pijatan, khususnya di area leher karena bisa saja memicu penyumbatan pada pembuluh darah.