Waduh, Kerap Makan Ini Membuat Kita Mudah Lupa

kanker otak doktersehat

DokterSehat.Com– Apa yang kita konsumsi setiap hari bisa berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, maka kita akan cenderung memiliki daya ingat yang tajam dan lebih baik dalam berpikir atau berkonsentrasi. Sayangnya, ada beberapa jenis makanan yang memiliki rasa yang enak namun justru membuat kita mudah lupa. Apa sajakah makanan tersebut?

Ikan tuna
Salah satu jenis ikan dengan rasa yang enak ini sebenarnya kaya akan protein yang sangat baik bagi kesehatan. Namun, jika kita mengkonsumsi tuna dengan berlebihan, maka kandungan merkuri di dalamnya akan mengganggu fungsi otak, khususnya pada bagian memori. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan ikan tuna sekali atau dua kali saja dalam seminggu. Selain itu, kita juga bisa menggantinya menjadi ikan salmon yang justru lebih sehat bagi memori otak.

Kedelai
Kedelai dan berbagai produk turunannya sepertu tahu jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memberikan dampak kurang baik bagi daya ingat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sodium yang bisa memicu hipertensi dan akhirnya membuat aliran darah menuju otak semakin terbatas.

Minuman beralkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang bisa membuat sel otak menjadi semakin lemah sehingga daya ingat juga akan semakin menurun.

Jus jeruk
Salah satu minuman favorit masyarakat karena memiliki rasa yang menyegarkan ini ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Jika tidak, maka kita akan mengalami penurunan fungsi otak, khususnya pada daya ingat.

Nasi putih
Meski mengenyangkan dan bisa memberikan asupan energi bagi tubuh, nasi putih jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa mengganggu fungsi mental dan daya ingat. Konsumsilah dengan jumlah yang wajar demi mencegah masalah kesehatan tersebut dan kenaikan berat badan.