Waduh, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuat Kita Mudah Jatuh Sakit

DokterSehat.Com– Tak hanya tentang kurang berolahraga, kurang tidur, atau pola makan yang buruk, berbagai kebiasaan yang sayangnya kerap kita lakukan setiap hari ini bisa membuat kita mudah jatuh sakit. Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya kita hindari.

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-masker

Membawa ponsel saat ada di toilet
Banyak orang yang sengaja membawa ponsel saat menggunakan toilet karena ingin tetap bisa membaca media sosial sembari buang air. Padahal, menurut pakar kesehatan dr. Paul Matewele dari London Metropolitan University, kebiasaan menyentuh ponsel saat berada di toilet bisa membuat ponsel ini penuh dengan bakteri berbahaya seperti e.Coli yang bisa memicu penyakit perut atau diare.

Tas tangan berantakan
Banyak wanita yang cenderung menyimpan semua barang di tas tangannya sehingga membuat isinya berantakan. Padahal, hal ini akan membuat kita kesulitan mencari barang layaknya ponsel, kunci, atau dompet sehingga akhirnya tangan pun penuh dengan kuman. Selain itu, kebiasaan meletakkan tas di berbagai tempat baik itu meja makan di restoran, lantai, pinggir jalan, dan tempat lainnya membuat tas ini penuh bakteri yang bisa saja menyebar ke tubuh kita.

Menempatkan sepatu di dalam rumah
Dr. Matewele sangat tidak menyarankan penempatan sepatu di dalam rumah karena bisa memicu penyebaran kuman penyebab penyakit. Sepatu sebaiknya ditempatkan di luar rumah setelah tidak dipakai.

Sembarangan menempatkan remote televisi
Kita cenderung sembarangan menempatkan remote televisi dimana-mana, baik itu di lantai, meja yang kotor, terselip di sela-sela sofa, hingga terjatuh di kolong meja. Selain itu, remote bisa dipegang oleh tangan banyak orang yang belum tentu bersih. Hal ini membuat remote televisi menjadi tempat yang memiliki banyak kuman.

Baca Juga:  Jaga Kesehatan Anak Dengan Mengajaknya Melakukan Kebiasaan Sehat

Tidak mengganti spons cuci piring
Pastikan untuk sering-sering mengganti spons cuci piring karena spons ini menjadi tempat yang ideal bagi bakteri dan kuman berkembang biak dan menyebar pada peratan makan atau memasak.