Waduh, Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Membuat Kita Menderita Saat Tua

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa apa yang kita lakukan sehari-hari sejak usia muda akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita, termasuk saat kita tua nantinya. Sebagai contoh, ada baiknya kita menjaga pola makan yang sehat, tidur dengan cukup, dan mengendalikan stress dengan baik demi tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu, ada baiknya kita mulai menghindari kebiasaan yang sebenarnya masih kerap kita lakukan sehari-hari seperti sebagai berikut.

doktersehat-tempat-makanan-plastik

Memakai plastik untuk bahan makanan
Banyak orang yang masih dengan enteng membungkus makanan yang hangat atau panas di dalam kantong plastik atau wadah yang terbuat dari plastik. Jika hal ini terjadi, maka kandungan BPA pada plastik akan luruh pada makanan yang akan kita konsumsi. Kandungan BPA ini sangatlah beracun dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Memakai sepatu karet
Sepatu karet memang sangat nyaman dan simple untuk digunakan. Sayangnya, sepatu ini tidak memberikan tumpuan yang sempurna bagi tumit. Kerap menggunakannya akan membuat kaki kita kapalan atau terkena cedera.

Memakai wajan anti lengket
Wajan anti lengket memang sangat praktis dan membuat kita tidak kesulitan saat memasak ataupun mencucinya. Sayangnya, bahan kimia yang ada dalam wajan anti lengket yang disebut sebagai perflourinated ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika wajan ini dipanaskan hingga lebih dari 230 derajat Celcius, penggorengan juga akan mengeluarkan zat volatile yang bisa memicu penyakit kanker.

Memakai sabun anti bakteri
Sabun anti bakteri memang bisa membuat kita menghilangkan berbagai bakteri penyebab penyakit saat mandi. Sayangnya, di dalam sabun ini terdapat kandungan triklosan yang sangat buruk bagi sistem kekebalan tubuh, mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan distrofi otot.

Baca Juga:  Gak Nyangka, Kebanyakan Cowok Melakukan Hal Jorok dan Tidak Sehat Ini

Memakai maskara dengan tebal
Banyak wanita yang sengaja memakai maskara dengan tebal agar bulu matanya menjadi lebih lentik. Sayangnya, bahan maskara yang berupa paraben, propylene glycol, dan serbuk aluminium ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan mata.