Waduh, Kebiasaan Makan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Berbahaya!

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja makan sambil diselingi minum air. Tak hanya bertujuan untuk mencegah kerongkongan menjadi seret karena makanan yang ditelan, makan dengan diselingi minum air disebut-sebut bisa membuat perut lebih mudah kenyang sehingga mencegah kita makan dengan porsi terlalu banyak. Meskipun hal ini sepertinya baik untuk dilakukan, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani program diet, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan ini ternyata bisa berbahaya.

doktersehat-makan-bersama

Robyn Youklis, penulis buku berjudul Go With Your Gt, menyebutkan bahwa kebiasaan makan sambil minum air bisa berpengaruh buruk bagi penyerapan makanan pada sistem pencernaan. Tak hanya itu, hal ini bisa mempengaruhi tingkat keasaman lambung sehingga akan memicu perut kembung.

Pakar kesehatan dan diet dari Naturally Nourished bernama Alli Miller juga menyebut kebiasaan makan diselingi dengan minum sangatlah berbahaya karena bisa memicu malabsorpsi dan menghambat kinerja sistem pencernaan. Air minum yang dicampur dengan makanan akan menghambat proses pemecahan protein. Tak hanya itu, tubuh juga tidak akan menyerap vitamin B12 dengan efektif.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk meminum segelas air putih setidaknya 30 menit sebelum makan dan 1 jam setelahnya. Jika kita merasa haus atau ingin minum sebelum makan, minumlah sedikit air saja agar tidak mengganggu proses pencernaan.