Waduh, Bahan Produk Perawatan Pria Ini Bisa Menyebabkan Mandul

DokterSehat.Com– Tak hanya kaum wanita, kaum pria juga membutuhkan beberapa produk perawatan tubuh agar bisa tetap bersih dan sehat. Sayangnya, sebuah penelitian kesehatan justru menemukan ada bahan yang ditemukan di produk perawatan tubuh yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan pria.

doktersehat-sabun-cuci-tangan-ocd

Adalah sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine yang mengungkapkan fakta tersebut. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa ada sebuah zat aditif yang bisa ditemukan pada cukup banyak produk perawatan tubuh pria seperti pasta gigi, tabir surya, lotion, sabun pencuci muka, sabun cuci tangan, shampoo, atau bahkan conditioner yang berbahaya bagi kualitas sperma. Bahan aditif tersebut adalah paraben.

Bagi pria yang cenderung memiliki konsentrasi paraben dalam jumlah yang lebih tinggi pada urine-nya, maka mereka cenderung memiliki sperma yang abnormal atau tidak bisa bergerak dengan baik dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, ada pula kandungan lain bernama butylparaben yang juga bisa memicu kerusakan pada DNA sperma. Paraben sendiri mampu mengganggu fungsi endokrin. Yang menjadi masalah adalah, hal ini juga bisa mempengaruhi kadar testosterone dan juga produksi sperma pada kaum pria. Hal ini tentu akan berimbas pada sulitnya pria mendapatkan keturunan.

Dalam penelitian yang dilakukan di sebuah klinik infertilitas yang ada di Polandia ini, setidaknya ada 325 sampel sperma dan air seni pria yang dijadikan penelitian. Tak hanya kualitas sperma yang diperhitungkan, kadar 5 jenis paraben yang banyak ditemui pada produk perawatan tubuh pria juga dicek konsentrasinya pada sampel urine tersebut. Hasilnya adalah, pengaruh paraben ini pada kondisi sperma bisa mencapai 70 persen.

Penelitian ini masih akan dilanjutkan agar bisa mengetahui seberapa besar kadar paraben yang dianggap aman pada produk perawatan tubuh yang kita pakai.