Waduh, Badan Terlalu Kurus Justru Beresiko Terkena Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang mendambakan badan yang kurus seperti supermodel. Memang, memiliki badan yang kurus bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik dan cocok untuk memakai berbagai jenis pakaian. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa badan yang kurus belum tentu bisa dianggap sehat. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa memiliki badan yang terlalu kurus ternyata bisa membuat kita meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Pakar kesehatan spesialis ortopedi yang berasal dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, bernama dr. Karina Besinga menyebutkan bahwa osteoporosis selama ini dikenal sebagai penyakit yang menyerang para lanjut usia. Selain itu, osteoporosis cenderung lebih banyak menyerang wanita daripada laki-laki. Yang menjadi masalah adalah, cukup banyak wanita yang terobsesi untuk menjadi lebih kurus daripada pria. Padahal, tubuh dengan postur yang cenderung kurus memiliki lapisan lemak yang lebih tipis dibandingkan dengan mereka yang memiliki tubuh lebih besar. Lapisan lemak ini ternyata memiliki peran besar dalam sistem metabolisme tubuh, khususnya dalam membantu proses penyerapan kalsium dari makanan.

Dengan memiliki tubuh yang terlalu kurus dan miskin lapisan lemak, maka jumlah kalsium yang diserap dari makanan pun tidak akan cukup sehingga mempengaruhi kesehatan tulang. Sebagaimana kita ketahui, tulang sangat membutuhkan kalsium untuk membuatnya kuat dan tidak mudah keropos.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap menjaga berat badan dalam kondisi yang ideal, bukannya membuatnya menjadi kurus seperti supermodel demi menjaga kesehatan tubuh, khususnya tulang.