Waduh, Alat Makan Dari Bahan Plastik Bisa Menyebabkan Leukimia?

DokterSehat.Com– Saat kita makan di luar rumah, kadangkala kita menggunakan peralatan makanan yang terbuat dari bahan plastik. Biasanya, peralatan makan ini dipakai agar bisa langsung dibuang begitu saja, bukannya dicuci atau digunakan kembali. Meskipun terlihat praktis, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan alat makan berbahan plastik ini bisa menyebabkan leukimia.

doktersehat-tempat-makanan-plastik

Salah satu bahan kimia pembuat plastik adalah benzene. Bahan kimia ini memang bisa memicu datangnya leukimia. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahawa anak-anak yang tinggal di lingkungan bengkel dan pompa bensin yang banyak memiliki benzene ternyata lebih beresiko terkena leukimia. Benzene ternyata mampu mengubah kromosom pada sel sumsum tulang, tempat dimana sel-sel darah baru dibuat dan akhirnya menyebabkan leukimia. Yang menjadi masalah adalah, benzene bisa masuk ke dalam tubuh melalui mulut, udara, atau bahkan kontak dengan kulit secara langsung.

Paparan benzene yang melalui mulut ternyata bisa disebabkan oleh peralatan makan berbahan plastik yang memiliki kandungan benzene. Tak hanya itu, jika kita minum dari sumber air yang dekat dengan bengkel atau bisnis perawatan otomotif lainnya, maka kita juga akan mengkonsumsi cukup banyak bahan kimia berbahaya ini. Sementara itu, paparan benzene melalui udara kerap kali terjadi karena kebiasaan menghisap rokok atau menghirup aroma bensin. Selain itu, mereka yang berada dalam industri kilang minyak, pabrik kimia, pabrik pembuatan sepatu, dan industri lain yang memakai bahan bensin juga akan beresiko lebih sering menghirup benzene. Untuk paparan benzene melalui kontak kulit secara langsung, hal ini kerap terjadi pada mereka yang kerap menyentuh bensin, perlengkapan melukis atau cat, dan deterjen.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menurunkan frekuensi penggunaan peralatan makan dari bahan plastik, tidak lagi memanaskan makanan dengan peralatan makan plastik di microwave, dan tidak menyajikan makanan atau minuman panas pada peralatan makan plastik agar tidak mudah terkena leukimia.