Vitiligo – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Vitiligo adalah suatu kondisi bercak putih di kulit. Setiap lokasi pada tubuh dapat dipengaruhi dan kebanyakan orang dengan vitiligo memiliki bercak putih di banyak area tubuh.

doktersehat-vitiligo-hiperpigmentasi-Hipopigmentasi

Penyebab Vitiligo
Melanin adalah pigmen yang memberikan kulit warna khas. Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari kerusakan sel-sel ini tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin mungkin bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti dalam kondisi autoimun lainnya. Meskipun vitiligo mempengaruhi semua ras dengan rasio yang sama, namun vitiligo lebih terlihat pada orang berkulit gelap.

Faktor Risiko untuk Vitiligo
Vitiligo mempengaruhi hingga 2% dari populasi, dan diperkirakan bahwa dua sampai lima juta orang Amerika memiliki kondisi tersebut. Dalam kebanyakan kasus, vitiligo berkembang pada awal kehidupan, antara usia 10-30 tahun. Sebanyak 95% dari orang-orang tersebut dari mereka yang terkena gangguan tersebut sebelum usia 40 tahun. Baik pria maupun wanita sama-sama mungkin untuk terkena vitiligo. Vitiligo dapat terjadi dalam garis keluarga; mereka yang memiliki riwayat keluarga vitiligo atau rambut beruban prematur berada pada peningkatan risiko untuk terkena vitiligo. Faktor risiko lain yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena vitiligo termasuk penyakit autoimun, seperti penyakit tiroid autoimun (tiroiditis Hashimoto).

Gejala Vitiligo
Gejala vitiligo termasuk kehilangan pigmen dengan cepat pada beberapa area kulit. Tampilan awal bercak putih dapat diikuti dengan periode stabil tanpa perkembangan apapun dari kondisi tersebut. Kemudian, siklus lebih lanjut dari hilangnya pigmen dan stabilitas dapat diamati. Vitiligo umunya mempengaruhi area pada kulit yang terkena sinar matahari, lipatan-lipatan tubuh (seperti ketiak), area kulit yang sebelumnya pernah cedera, daerah di sekitar tahi lalat, atau daerah sekitar lubang tubuh. Sangat jarang pigmen kembali ada setelah bercak putih terjadi. Vitiligo juga dapat mempengaruhi kelopak mata dan rambut.

Baca Juga:  Gejala HIV Yang Menyerang Kulit Pria

Diagnosis dan Pengobatan Vitiligo
Dokter biasanya dapat membuat diagnosis vitiligo selama pemeriksaan fisik. Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah atau menyembuhkan vitiligo. Namun, beberapa metode, termasuk penggunaan kosmetik tertentu, pengembalian pigmentasi menggunakan terapi sinar UV, krim kortikosteroid, depigmentasi daerah kulit yang tidak terpengaruh, dan pencangkokan kulit, dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit yang terkena vitiligo.