Vitiligo – Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Prognosis

vitiligo-doktersehat

DokterSehat.Com– Vitiligo adalah suatu kondisi bercak putih di kulit. Setiap area pada tubuh dapat dipengaruhi dan kebanyakan orang dengan vitiligo memiliki bercak putih di banyak area tubuh.

Luas dan tingkat kehilangan warna dari vitiligo tidak dapat diprediksi. Hal ini juga dapat memengaruhi kulit di bagian tubuh Anda, juga bisa memengaruhi rambut dan bagian dalam mulut.

Biasanya, warna rambut dan kulit ditentukan oleh melanin. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau berhenti berfungsi. Vitiligo memengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit, tetapi mungkin lebih terlihat pada orang dengan kulit yang lebih gelap. Kondisi ini tidak mengancam kehidupan atau menular. Itu bisa membuat Anda stres atau membuat Anda merasa buruk tentang diri Anda sendiri.

Pengobatan untuk vitiligo dapat mengembalikan warna pada kulit yang terkena. Tapi itu tidak mencegah hilangnya warna kulit atau kambuh.

Penyebab Vitiligo

Melanin adalah pigmen yang memberikan kulit warna khas. Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk yang dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari kerusakan sel-sel ini tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti dalam kondisi autoimun lainnya. Meskipun vitiligo memengaruhi semua ras dengan rasio yang sama, namun vitiligo lebih terlihat pada orang berkulit gelap.

Bagian-bagian kulit yang terkena menjadi lebih terang atau putih. Dokter tidak tahu mengapa sel-sel gagal atau mati. Itu mungkin terkait dengan:

  • Gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan melanosit di kulit
  • Riwayat keluarga (keturunan)
  • Kejadian pemicu, seperti terbakar sinar matahari, stres atau paparan bahan kimia industri

Faktor Risiko Vitiligo

Vitiligo memengaruhi hingga 2 persen dari populasi, dan diperkirakan bahwa dua sampai lima juta orang Amerika memiliki kondisi tersebut. Dalam kebanyakan kasus, vitiligo berkembang pada awal kehidupan, antara usia 10-30 tahun. Sebanyak 95 persen dari orang-orang tersebut dari mereka yang terkena gangguan tersebut sebelum usia 40 tahun. Baik pria maupun wanita sama-sama mungkin untuk terkena vitiligo. Vitiligo dapat terjadi dalam garis keluarga; mereka yang memiliki riwayat keluarga vitiligo atau rambut beruban prematur berada pada peningkatan risiko untuk terkena vitiligo. Faktor risiko lain yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena vitiligo termasuk penyakit autoimun, seperti penyakit tiroid autoimun (tiroiditis Hashimoto).

Gejala Vitiligo

Gejala vitiligo termasuk kehilangan pigmen dengan cepat pada beberapa area kulit. Tampilan awal bercak putih dapat diikuti dengan periode stabil tanpa perkembangan apapun dari kondisi tersebut. Kemudian, siklus lebih lanjut dari hilangnya pigmen dan stabilitas dapat diamati. Vitiligo umunya memengaruhi area pada kulit yang terkena sinar matahari, lipatan-lipatan tubuh (seperti ketiak), area kulit yang sebelumnya pernah cedera, daerah di sekitar tahi lalat, atau daerah sekitar lubang tubuh. Sangat jarang pigmen kembali ada setelah bercak putih terjadi. Vitiligo juga dapat memengaruhi kelopak mata dan rambut.

Tanda utama vitiligo adalah hilangnya warna kulit secara merata. Biasanya, perubahan warna pertama kali terlihat di area yang terkena sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir.

Tanda-tanda vitiligo termasuk:

  • Bercak putih pada kulit
  • Uban pada rambut di kulit kepala, bulu mata, alis atau janggut Anda
  • Hilangnya warna di jaringan yang melapisi bagian dalam mulut dan hidung Anda (selaput lendir)
  • Hilang atau berubahnya warna lapisan bagian dalam bola mata (retina)

Vitiligo dapat muncul pada usia berapa pun, tetapi sering muncul sebelum usia 20

Tergantung pada jenis vitiligo yang Anda miliki, bercak yang berubah warna dapat meliputi:

  • Banyak bercak di bagian dari tubuh Anda. Dengan jenis yang paling umum ini, biasanya disebut vitiligo, bercak yang berubah warna sering berkembang sama pada bagian tubuh yang bersesuaian (secara simetris)
  • Hanya satu sisi atau bagian dari tubuh Anda. Jenis ini, yang disebut vitiligo segmental, cenderung terjadi pada usia yang lebih muda, berlangsung selama satu atau dua tahun, lalu berhenti
  • Satu atau hanya beberapa area tubuh Anda. Tipe ini disebut vitiligo lokal

Sulit untuk memprediksi bagaimana penyakit Anda akan berkembang. Terkadang bercak berhenti terbentuk tanpa perawatan. Dalam banyak kasus, kehilangan pigmen menyebar dan akhirnya melibatkan sebagian besar kulit Anda. Jarang, kulit mendapatkan warnanya kembali.

Pengobatan Vitiligo

Temui dokter jika area kulit, rambut, atau mata Anda kehilangan warna kulit. Vitiligo tidak memiliki obat, tetapi perawatan dapat membantu menghentikan atau memperlambat proses perubahan warna dan mengembalikan warna kulit Anda.

Diagnosis dan Pengobatan Vitiligo

Dokter biasanya dapat membuat diagnosis vitiligo selama pemeriksaan fisik. Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah atau menyembuhkan vitiligo. Namun, beberapa metode, termasuk penggunaan kosmetik tertentu, pengembalian pigmentasi menggunakan terapi sinar UV, krim kortikosteroid, depigmentasi daerah kulit yang tidak terpengaruh, dan pencangkokan kulit, dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit yang terkena vitiligo.