Vitamin Menunda Penuaan

DokterSehat.com – Suplemen vitamin tidak cuma menyediakan kebutuhan nutrisi, tapi juga menghindari tanda-tanda penuaan. Beberapa jenis nutrien, seperti kalsium dan vitamin D, berguna untuk menjaga kesehatan, tapi juga membuat kita awet muda. Oleh karena itu ada baiknya vitamin dikonsumsi secara teratur selain makanan pokok biasanya. Apa saja suplemen yang dianjurkan untuk memaksimalkan kesehatan dan membuat kita tetap muda?



Vitamin D
Anda bisa mengurangi risiko terkena kanker kolon, payudara dan esofagus hingga 50 persen bila Anda mendapat cukup vitamin D. Demikian menurut Michael F.Holick, MD, PhD, profesor dari Boston University School of Medicine.

Vitamin D akan menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengaktifkan sistem imun untuk melawan infeksi. Sumber vitamin D terbaik adalah kuning telur, ikan, dan makanan yang sudah difortifikasi, seperti susu dan sereal. Paparan sinar matahari juga baik untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.

Kalsium
Mineral ini sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan diperlukan untuk fungsi otot dan saraf. Kekurangan kalsium akan menyebabkan kerusakan tulang terjadi lebih cepat daripada pembangunannya. Selain untuk tulang, penelitian menunjukkan suplementasi kalsium bisa mengurangi risiko terbentuknya polip penyebab kanker kolon.

Magnesium
Penelitian menunjukkan kekurangan magnesium lebih sering terjadi pada orang usia lanjut daripada orang muda. Hal ini terjadi karena semakin tua, kemampuan tubuh untuk menyerap magnesium dari makanan akan berkurang. Selain itu, obat-obatan seperti antibiotik dan obat diuretik juga berdampak sama. Selain mencegah diabetes, magnesium juga dapat menurunkan tekanan darah.

Vitamin B
Beberapa penelitian menunjukkan, penyakit stroke dan jantung bisa dicegah bila kita cukup mendapatkan vitamin B6, B12 dan asam folat. Kadar vitamin B yang cukup juga bisa menghindarkan kita dari penyakit khas orang tua, yakni demensia.

Baca Juga:  Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta

sumber: kompas