Vitamin C untuk mengurangi Gangguan Pernafasan

DokterSehat.Com – Sejumlah penyakit yang menyerang sistem pernafasan tentu sangat mengganggu aktifitas Anda. Gangguan pernafasan seperti sesak nafas saat olahraga atau terjadi begitu saja tanpa penyebab yang tidak diketahui, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C untuk mengurangi gangguan pernafasan ini.

13

Gangguan pernafasan disebabkan karena penyempitan saluran udara baik saat berolahraga atau sesudah olahraga. Penyempitan saluran pernafasan ini tidak lama karena akan reda dengan sendirinya saat penyempitan mulai mengendur. Untuk mencegah gangguan pernafasan ini, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C karena vitamin C dapat mengurangi gangguan pernafasan.

Demikian dikatakan oleh Dr Harri Hemila dari University of Helsinski di Finlandia, seperti dilansir di situs Medicalexpress. Tidak hanya itu, vitamin C juga bisa mengurangi gangguan pernafasan seperti flu dan bisa mengurangi stres.

Bagi tubuh, vitamin C berfungsi untuk memperkuat sistem imun dan membantu penyerapan zat besi. Vitamin C tidak hanya diperoleh dari buah jeruk saja lho. Anda bisa memperoleh sumber vitamin C dari buah-buahan lain. Misalnya, pepaya, strawberry, kiwi, cabai, jambu biji, paprika, anggur dan blewah. Jika kurang suka dengan buah, ada pilihan lain untuk mengkonsumsi vitamin C yaitu ekstrak vitamin C dalam bentuk tablet atau minuman kemasan.

Gangguan pernafasan biasanya membuat orang mudah lelah, stres dan depresi. Vitamin C berperan untuk memulihkan kondisi fisik Anda. Vitamin C dapat membuka saluran udara pada paru-paru, mengi dan batuk.

Menutut Harri Hemila, MD, Ph.D dalam Jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan vitamin C dapat membantu Anda dalam menurunkan gejala bronkokonstriksi atau penyempitan pernafasan sebesar 50%. Mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500-1.000 miligram (mg) bisa mengurangi berbagai jenis penyakit gangguan pernafasan. Rekomendasi dari para ahli adalah kebutuhan vitamin C untuk tubuh 90 miligram per hari. Namun Anda tak perlu khawatir jika mengkonsumsi lebih dari 1.000 mg karena asupan vitamin C yang banyak akan membuat tubuh lebih sehat.

Baca Juga:  Waspada EAH1N1, Penyebab Swine Flu Terbaru

Tidak hanya pada buah, vitamin C dapat diperoleh pada bawang putih. Kandungan vitamin C pada bawang putih sangat ampuh untuk menetralisir molekul radikal bebas yang menyebabkan penyempitan pernafasan pada penderita asma. Vitamin C untuk mengurangi gangguan pernafasan menjadi informasi penting bagi para pembaca.