Vitamin B3 (Niasin) (1)

Nama: Niasin dan Niasidamid (Vitamin B3)

doktersehat-drugs-obat-kotrasepsi-arginine-obat-palsu

Nama Dagang:
3-Pyridine Carboxamide, 3-Pyridinecarboxylic Acid, Acide Nicotinique, Acide Pyridine-Carboxylique-3, Amide de l’Acide Nicotinique, Anti-Blacktongue Factor, Antipellagra Factor, B Complex Vitamin, Complexe de Vitamines B, Facteur Anti-Pellagre, Niacin-Niacinamide, Niacin/Niacinamide, Niacina y Niacinamida, Niacinamide, Niacine, Niacine et Niacinamide, Nicamid, Nicosedine, Nicotinamide, Nicotinic Acid, Nicotinic Acid Amide, Nicotylamidum, Pellagra Preventing Factor, Vitamin B3, Vitamin PP, Vitamina B3, Vitamine B3, Vitamine PP.

Sekilas Tentang Obat

  • Niacin dan niacinamide adalah bentuk dari Vitamin B3. Vitamin B3 ditemukan dalam banyak makanan termasuk ragi, daging, ikan, susu, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian sereal. Niacin dan niacinamide juga ditemukan dalam banyak suplemen vitamin B kompleks dengan vitamin B lainnya.
  • Niacin digunakan untuk kolesterol tinggi. Hal ini juga digunakan bersama dengan perawatan lain untuk masalah sirkulasi aliran darah, migrain, pusing, dan untuk mengurangi diare yang berhubungan dengan kolera. Niacin juga digunakan untuk mencegah urine menjadi positif narkoba pada orang yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang.
  • Niacinamide digunakan untuk mengobati diabetes dan dua kondisi kulit yang disebut pemfigoid bulosa dan granuloma anular.
  • Niacin atau niacinamide digunakan untuk mencegah defisiensi vitamin B3 dan kondisi terkait seperti pellagra. Setiap bentuk vitamin B3 digunakan untuk skizofrenia, halusinasi karena obat, penyakit Alzheimer dan degenerasi yang berkaitan dengan usia seperti keterampilan berpikir, sindrom otak kronis, depresi, mabuk, ketergantungan alkohol, dan pengumpulan cairan pada jaringan tubuh (edema).
  • Beberapa orang menggunakan niacin atau niacinamide untuk jerawat, kusta, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), kehilangan memori, arthritis, mencegah sakit kepala pramenstruasi, meningkatkan pencernaan, melindungi terhadap racun dan polutan, mengurangi efek penuaan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi aliran darah, relaksasi, meningkatkan orgasme, dan mencegah katarak.
  • Niacinamide diterapkan pada kulit untuk mengobati kondisi kulit yang disebut inflamasi acne vulgaris.
Baca Juga:  Acarbosa - Dosis, Indikasi, dan Kontraindikasi

Cara Kerja

  • Niacinamide dapat dibuat dari niasin dalam tubuh. Niacin dikonversi ke niacinamide ketika diambil dalam jumlah yang lebih besar dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Niacin dan niacinamide yang mudah larut dalam air dan diserap dengan baik ketika diminum.
  • Niacin dan niacinamide yang diperlukan untuk fungsi yang tepat dari lemak dan gula dalam tubuh dan menjaga sel-sel tetap sehat. Pada dosis tinggi, niacin dan niacinamide dapat memiliki efek yang berbeda. Niacin mungkin membantu orang dengan penyakit jantung karena efek menguntungkan pada proses pembekuan darah. Hal ini juga dapat meningkatkan kadar lemak jenis tertentu yang disebut trigliserida dalam darah. Niacinamide tidak memiliki efek menguntungkan pada lemak dan tidak boleh digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi atau kadar lemak yang tinggi dalam darah.
  • Kekurangan niasin dapat menyebabkan kondisi yang disebut pellagra, yang menyebabkan iritasi kulit, diare, dan demensia. Pellagra banyak terjadi pada awal abad kedua puluh, tetapi sekarang menjadi kurang umum, karena makanan yang kini telah difortifikasi dengan niacin. Pellagra telah dieliminasi dalam budaya barat.
  • Orang dengan pola makan yang buruk, alkoholisme, dan beberapa jenis tumor yang lambat bertumbuh disebut tumor karsinoid mungkin berisiko kekurangan niacin.