Vitamin A Bantu Melawan Sel Kanker

Doktersehat.com – Vitamin A merupakan zat yang sangat dibutuhkan namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia dari dalam. Sehingga, vitamin ini harus diperoleh dari luar untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sumber vitamin A sangat beragam dan banyak terdapat di alam, Contohnya adalah dari buah-buahan, biji-bijian, umbi, sayur, dll.  Vitamin A memang identik dengan kesehatan mata, padahal kaitan antara vitamin A dengan penyakit kanker, khususnya kanker prostat tak kalah erat.



Kekurangan asam retinoic yang merupakan turunan dari vitamin A, akan menyebabkan sel-sel kanker prostat menjadi lebih kuat. “Jika kadar vitamin A dalam tubuh rendah, sel punca kanker lebih kuat dan mudah membelah diri. Bila vitamin A tercukupi maka sel kanker mudah dibunuh oleh kemoterapi,” kata Norman Maitland dari Universitas York.

Maitland dan timnya kini terus meneliti manfaat vitamin A dalam pengobatan kanker. Ia mengatakan penggunaan vitamin A dalam dosis rendah memiliki dampak lebih kuat.

“Para dokter telah memakai vitamin A untuk membunuh sel kanker, tetapi yang kita perlukan adalah menggunakan vitamin itu untuk mengubah sel-sel kanker sehingga mereka lebih mudah dibunuh,” katanya.

Meskipun dalam penelitian yang dilakukannya tidak terkait dengan asupan vitamin A dari makanan sehari-hari, namun menurutnya kadar vitamin A yang tinggi dalam tubuh bisa membantu terapi pengobatan kanker.

Dari berbagai sumber