Waspada Virus Zika Sudah Memasuki Negara-Negara Asia Tenggara!

DokterSehat.Com – Seiring dengan semakin merebaknya wabah virus zika di negara-negara Amerika Latin, hampir semua negara di dunia mulai mempersiapkan diri agar virus ini tidak memberikan masalah kesehatan yang besar. Meskipun berjarak cukup jauh dari wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah, kita yang tinggal di Asia Tenggara juga harus tetap waspada akan adanya penyebaran virus ini. Kewaspaan ini harus kita lakukan mengingat pakar kesehatan ternyata melihat kultur masyarakat Asia Tenggara yang banyak tinggal di kawasan padat penduduk dan kumuh ternyata rentan untuk mempercepat penyebaran virus ini.

doktersehat-flu-singapura-hand-foot-mouth-disease-antraks

Sebagaimana kita ketahui, virus Zika dengan mudah menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang juga bisa membawa masalah demam berdarah yang kini menjadi masalah besar di berbagai penjuru tanah air. Secara logika, dengan lingkungan yang kumuh dan cenderung padat, maka nyamuk aedes aegypti bisa menggigit lebih banyak orang dalam jarak yang tidak terlalu jauh sehingga bisa membuat penyebaran virus zika menjadi lebih cepat. Jika seseorang terkena virus zika dan menularkannya pada ibu hamil, maka janin yang ada di kandungannya beresiko mengalami kecacatan microcephaly berupa ukuran tempurung kepala dan otak yang jauh lebih kecil dari ukuran normal.

Sebelumnya, pemerintah negara Thailand mengkonfirmasi adanya seorang pria yang telah terinfeksi virus Zika setelah berkunjung ke sebuah negara di Amerika Selatan dan telah dikarantina demi mencegah penyebaran lebih besar. Banyak negara-negara di Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia pun menjadi khawatir mengingat ada banyak orang yang keluar masuk di negeri ini yang bisa jadi telah terinfeksi virus zika. Selain itu, mengingat sekarang memasuki musim hujan dimana nyamuk juga jauh lebih banyak daripada musim kemarau tentu akan meningkatkan resiko penyebaran virus Zika.

Baca Juga:  Kopi-Teh Semakin Terbukti Mencegah Diabetes

Untuk menghindari hal ini, kita tentu harus menjaga kebersihan lingkungan kita sehingga tidak akan ada banyak nyamuk yang beredar di dalam rumah. Jika diperlukan, kita bisa memakai lotion anti nyamuk saat kita berada di luar rumah maupun saat kita tidur. Fogging atau pengasapan pada berbagai tempat yang diyakini bisa menjadi sarang nyamuk juga bisa kita lakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya adalah infeksi virus zika.