Virus HIV Bisa Saja Baru Menimbulkan Masalah Kesehatan 10 Tahun Kemudian

DokterSehat.Com – AIDS sudah dikenal luas sebagai salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Berbagai penelitian pun telah dilakukan untuk mencari cara mencegah sekaligus mengobati penyakit mematikan ini. Namun, tahukah anda jika virus yang menyebabkan penyakit AIDS, yakni virus HIV ternyata tidak segera memicu gejala kesehatan pada tubuh sehingga terkadang banyak orang yang tidak menyadari jika mereka telah terinfeksi? Pakar kesehatan baru-baru ini menyebutkan jika setelah memasuki tubuh manusia, virus HIV bisa saja hanya diam dan berinkubasi dalam waktu yang lama sebelum menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

doktersehat-hiv-aids-antibodi-obat

Pakar kesehatan dr. Dwinita Vivianti, SpPD, yang berasal dari RSUD Kepulauan Riau, menyebutkan jika banyak orang yang mengadopsi gaya hidup seks bebas berpikir jika mereka aman-aman saja dan tidak terkena AIDS karena selama bertahun-tahun tidak mengalami masalah kesehatan. Padahal, dalam realitanya, virus HIV akan memasuki masa inkubasi yang bisa mencapai 5 hingga 10 tahun dan barulah penderitanya merasakan berbagai masalah kesehatan.

Andai virus HIV ini mulai menyebabkan gejala-gejala kesehatan, maka sistem kekebalan tubuh sudah diserang dan semakin melemah. Pada awalnya, gejala kesehatan yang muncul terlihat ringan layaknya flu atau mudah merasa lelah. Namun, lama kelamaan penyakit-penyakit ini tidak segera sembuh dan bahkan berat badan bisa menurun hingga drastis dalam waktu yang singkat. Selain itu, akan muncul pula banyak penyakit berbahaya layaknya kanker, diabetes melitus, atau bahkan TBC yang bisa sangat mematikan.

Karena alasan inilah, dr. Dwinita sangat menyarankan semua orang untuk berusaha sebisa mungkin tidak melakukan gaya hidup seks bebas agar tidak tertular virus mengerikan ini. Selain itu, berusahalah untuk melakukan hubungan seks yang aman dan sehat sehingga kita pun tidak akan mudah tertular virus HIV.