Viral Video Potongan Kanker Menjauhi Bawang Putih, Apa Pendapat Dokter?

DokterSehat.Com– Belakangan ini warganet dihebohkan dengan video yang menunjukkan benda yang disebut-sebut sebagai potongan kanker yang bisa bergerak-gerak menjauhi satu siung bawang putih. Dalam video tersebut, terdapat keterangan yang menyebutkan bahwa kanker itu hidup dan akan menjauhi bawang putih namun mendekati emas. Video ini dianggap sebagai bukti bahwa perhiasan emas bisa memicu kanker, apalagi jika digunakan oleh wanita yang sudah menopause atau laki-laki. Sebenarnya, apakah video ini memang benar adanya?



Pakar kesehatan Dr. Fielda Djuita Sp. Rad (K) Onk Rad, menyebut video ini sebagai hal yang tidak masuk akal. Menurut beliau, setiap jenis kanker memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga obat yang dibutuhkan untuk satu jenis kanker belum tentu sama dengan jenis kanker lainnya. Sebagai contoh, obat untuk kanker payudara dengan kanker prostat saja sudah sangat berbeda obatnya sehingga tidak akan cukup dengan bawang putih saja.

Dr. Fielda juga masih belum mengerti benda apa yang disebut sebagai potongan kanker pada video tersebut. Jaringan yang bisa bergerak ini harus diteliti terlebih dahulu untuk dipastikan apakah benar potongan kanker atau tidak sehingga kita tidak boleh langsung mempercayainya.

Pakar kesehatan lainnya, Dr. Sonar Soni Panegoro, SpB (K) Onk yang berasal dari Rumah Sakit Dharmais menyebut video potongan kanker yang bergerak-gerak ini sebagai hoax. Menurut beliau, sel apapun yang keluar dari tubuh manusia seharusnya akan mati kecuali memang sengaja dibiakkan dalam media tertentu. Itupun baru terlihat pertumbuhan setelah 2 atau 3 hari sehingga pergerakannya juga sangat lambat, bukannya bergerak dengan sangat cepat layaknya mahluk hidup seperti yang ada dalam video tersebut.

Hal lain yang membuat dr. Sonar yakin jika video ini hoax adalah warna dari jaringan yang disebut dengan potongan kanker. Menurut dr. Sonar, sel kanker yang hidup warnanya putih kelabu atau merah. Sementara itu, warna kanker yang kehitaman biasanya adalah kanker kulit melanoma.