Viral Video Anak SD Asyik Menghisap Vape, Apa Kata Dokter?

DokterSehat.Com– Belakangan ini media sosial gempar dengan video sekelompok anak yang masih memakai seragam sekolah dasar (SD) yang menghisap vape atau rokok elektrik. Dalam video tersebut, anak-anak ini sangat menikmati dan bahkan terkesan bangga karena bisa bergaya sembari menghembuskan asap vape yang memang cenderung tebal. Video yang diunggah sejak tanggal 21 Oktober ini sudah ditonton lebih dari 4 juta kali dan mendapatkan komentar pro dan kontra dari para netizen.

anak-sd-vape

Photo Credit: Youtube/ Naufal Hidayat

Pakar kesehatan dr. Frans Abednego Barus, SpP menyebutkan bahwa meskipun ada anggapan bahwa vape atau rokok elektrik adalah salah satu cara untuk berhenti merokok konvensional, dalam realitanya asap rokok vape masih tidak lebih baik dari asap rokok konvensional. Justru, karena dianggap lebih aman, kebanyakan pengguna rokok vape akan menggunakannya dengan lebih sering dan pada akhirnya membuat bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Khusus untuk video anak-anak ini, dr. Frans menyebutkan bahwa hal ini sangat berbahaya dan sama sekali tidak patut untuk dicontoh. Kandungan kimiawi dari vape ini bisa membahayakan kesehatan anak-anak ini, apalagi dalam realitanya banyak orang yang sengaja mencampur vape dengan beberapa obat-obatan demi mendapatkan efek sensasi kenikmatan yang lebih mantap. Hal ini membuatnya justru semakin membahayakan.

Hingga saat ini, peraturan tentang penjualan rokok elektrik di Indonesia masih tidak jelas sehingga membuatnya mudah didapatkan dimana saja layaknya rokok konvensional. Hal ini tentu membuat banyak anak-anak di bawah umur yang penasaran tertarik untuk mencobanya. Padahal, efek buruk dari penggunaan vape ini tidak kalah berbahayanya dari kebiasaan merokok konvensional.