Viral! Foto Setya Novanto Terbaring Lemas di Rumah Sakit Justru Dijadikan Meme

DokterSehat.Com– Belakangan ini beredar foto Ketua DPR yang juga menjadi tersangka kasus e-KTP yang terlihat berada dalam kondisi terbaring lemas di rumah sakit. Dalam foto tersebut, terlihat Novanto sedang memejamkan mata dengan selang infus masih tertancap pada tangan kanannya. Ia juga ditemani oleh anggota DPR Komisi III bernama Endang Srikanti.



Ketua Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Roem Kono menyebutkan bahwa rekannya ini memang berada dalam kondisi sakit dan lemas sehingga masih memerlukan perawatan yang intensif. Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Nurul Arifin menyebutkan bahwa sejak hari Minggu (10/9), Novanto sudah harus dirawat di Rumah Sakit Premier, Jatinegara karena kondisi kesehatannya yang semakin memburuk.

Pada awalnya, Novanto disebut-sebut hanya mengalami vertigo, namun, setelah pemeriksaan lebih lanjut, disebutkan bahwa ada plak di organ jantungnya yang harus dioperasi karena membahayakan nyawa.

Beredarnya foto Novanto yang sedang dirawat di rumah sakit ini sebenarnya menjadi bukti bahwa Ketua Umum Partai Golkar ini memang sedang sakit sehingga belum bisa menjalani pemeriksaan di KPK. Namun, banyak netizen yang justru menganggap foto Novanto ini penuh kejanggalan. Foto Novanto pun kemudian viral menjadi meme di media sosial.

Beberapa netizen mengemukakan pendapat tentang kejanggalan dari foto tersebut seperti kondisi Elektrokardiogram atau EKG yang berada di bagian kanan atas foto yang terlihat menunjukan garis datar, bukannya bergelombang yang menunjukkan adanya denyut jantung seseorang. Selain itu, terdapat pula kejanggalan lain seperti penggunaan syringe pump yang berupa kotak berwarna hijau namun seperti tidak ada suntikan disana. Netizen juga membahas kejanggalan lain seperti jarum suntik infus yang terpasang di pergelangan tangan, bukannya di punggung tangan dan juga masker oksigen yang tidak sampai ke bagian mulut.

Baca Juga:  Mengenal Malingering, Orang yang Berpura-Pura Sakit

Hanya saja, kerabat Novanto sebagaimana dilansir dari Kumparan (27/9) menyebutkan bahwa Novanto memang diinfus dan memakai sungkup atau masker oksigen untuk mengatasi terapi sinus yang dideritanya.