Viral di Media Sosial, Tanaman Dolar Bisa Menyebabkan Leukimia. Benarkah?

DokterSehat.Com– Belakangan ini media sosial dan aplikasi chatting sedang ramai berita tentang tanaman dolar yang menyebabkan leukimia. Dalam pesan berantai ini, dikabarkan bahwa seorang peneliti berusia 31 tahun dari USM harus meregang nyawa karena terkena leukimia akibat dari pekerjaannya yang meneliti tanaman ini. Bahkan, disebutkan bahwa hal yang sama juga terjadi di China. Sebenarnya, apakah tanaman dolar memang bisa menyebabkan penyakit yang juga disebut sebagai kanker darah ini?



Deden Mudiana selaku Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pun angkat bicara tentang pesan berantai yang sudah muncul sejak awal tahun 2016 lalu ini. Menurut Deden, tanaman ini termasuk dalam kelompok talas-talasan atau aracae dengan nama latin zamioculcas zamiifolia. Tanaman dengan jenis talas-talasan memiliki kandungan senyawa oksalat yang tidak termasuk sebagai senyawa karsinogenik atau penyebab kanker. Hanya saja, senyawa ini memang bisa memicu gatal-gatal bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Tanaman dolar ini memang memiliki bentuk yang cantik sehingga kerap dipakai sebagai tanaman hias. Selain itu, perawatannya juga cenderung mudah untuk dilakukan.

Isu tentang tanaman dolar yang bisa menyebabkan leukimia ini sebenarnya juga sempat menghebohkan Malaysia pada sekitar tahun 2015. Kabar ini bahkan sampai membuat Dekan Fakultas Pertanian Universitas Putra Malaysia bernama Prof. Ghizan Saleh angkat bicara. Menurut beliau, tidak ada bukti sama sekali yang menunjukkan bahwa tanaman ini bisa menyebabkan kanker. Bahkan, Universitas Sains Malaysia (USM), nama kampus yang ditulis dalam pesan berantai ini sebagai tempat dimana ada peneliti yang meninggal akibat dari penelitian pada tanaman dolar ini juga sudah membantah dan meminta berita hoax ini segera dihentikan peredarannya.