Video Ini Menunjukkan Perbedaan Kandungan Gula Dari Soda Biasa Dengan Soda Zero

DokterSehat.Com – Minuman bersoda adalah salah satu minuman yang banyak digemari oleh anak muda karena bisa memberikan sensasi kesegaran yang luar biasa, apalagi jika suhu udara sangatlah panas. Sayangnya, pakar kesehatan berkali-kali menyebutkan jika minuman ini sangatlah tidak sehat karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Karena alasan inilah produsen minuman bersoda akhirnya mengeluarkan soda berlabel zero yang berarti tidak memiliki kandungan gula. Sebenarnya, apakah minuman soda zero ini benar-benar tidak memiliki kandungan gula?



Sebuah penelitian rumahan pun dilakukan oleh akun Youtube Home Science. Dengan menggunakan dua buah botol minuman bersoda biasa dan minuman soda zero, mereka pun mencoba untuk mengecek seberapa banyak kandungan gula dari dua jenis minuman ini. Setelah dituangkan ke dalam panci yang terpisah, kedua minuman ini kemudian dididihkan hingga cairannya menguap selama 20 menit. Di dalam panci yang berisi minuman soda zero, yang tersisa hanyalah sedikit kandungan gula. Sementara itu, pada minuman bersoda biasa, ditemukan kandungan gula yang mengental dengan jumlah yang sangat banyak.

Diketahui bahwa minuman yang dituangkan pada panci ini memiliki ukuran 375 ml. Dalam video ini, jelas sekali terlihat bahwa minuman bersoda biasa meninggalkan kandungan gula karamel yang sangat kental dengan warna kecokelatan.

Dengan adanya video ini, kita bisa memastikan bahwa kandungan gula dalam minuman bersoda biasa memang sangat banyak dan berbahaya bagi kesehatan sehingga sebaiknya dihindari. Sementara itu, minuman bersoda zero ternyata benar-benar tidak memiliki kandungan glukosa sebagaimana namanya.

Dari sebuah penelitian, diketahui bahwa dalam 100 ml minuman bersoda biasa, kita bisa mendapatkan 10,6 gram gula. Padahal, menurut Kementerian Kesehatan RI, batasan konsumsi harian gula harian kita hanyalah 50 gram saja. Andai kita mengkonsumsi minuman bersoda biasa satu botol penuh, maka dikhawatirkan konsumsi gula harian akan berlebihan dan kita pun akan beresiko terkena berbagai penyakit obesitas, diabetes, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.