Via Vallen Dikritik Karena Memakai Tisu Untuk Melapisi Headphone, Begini Pendapat Pakar Kesehatan

Instagram/Via Vallen

DokterSehat.Com– Artis dangdut yang sedang naik daun, Via Vallen, baru-baru ini mendapatkan kritik dari banyak warganet di dunia maya. Kritik ini disebabkan oleh tindakannya yang memakai tisu untuk melapisi headphone yang dikenakannya. Bagi sebagian orang, apa yang dilakukannya berlebihan dan mencerminkan sifat yang sombong. Sebenarnya, bagaimana pendapat pakar kesehatan mengenai tindakannya?

Photo Credit: Instagram/ Via Vallen

Vallen menyebutkan bahwa tindakannya untuk menggunakan tisu untuk melapisi headphone yang dikenakannya hanyalah untuk membuatnya lebih nyaman dan tidak tertular kuman, jamur, atau bakteri. Sebagai informasi, headphone tersebut memang sudah dipakai oleh banyak orang sebelumnya.

Menurut pakar kesehatan, penularan kuman, jamur, atau bakteri memang sangat mungkin terjadi jika peralatan seperti headphone digunakan oleh banyak orang secara bergantian. Padahal, beberapa masalah kesehatan seperti infeksi telinga memang bisa menular. Apa yang dilakukan oleh Vallen sebenarnya bisa dimengerti.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan penggunaan earphone yang ukurannya jauh lebih kecil. Penggunaan headphone sebenarnya mampu menurunkan risiko penularan jamur, kuman, dan bakteri mengingat bagian yang terkena peralatan ini hanyalah daun telinga, tidak sampai bagian lubang telinga sebagaimana saat kita memakai earphone.

Jika kita akan memakai headphone yang dipakai oleh orang lain sebelumnya dan khawatir dengan penularan kuman, jamur atau bakteri, maka penggunaan tisu untuk melapisinya bisa dilakukan. Namun, agar tidak menyinggung perasaan orang lain, alangkah lebih baik jika kita membersihkan headphone tersebut dengan cairan alkohol saja sebelum digunakan. Proses pembersihan ini juga sebaiknya tidak dilakukan di depan orang yang sebelumnya memakainya.

Kalau Sobat Sehat sendiri terbiasa memakai headphone atau earphone bergantian dengan orang lain tidak?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik