Vape Meledak, Pria Ini Tewas

doktersehat_vape_rokok_elektronik
Photo Source; Flickr/Sarah Johnson

DokterSehat.Com– Pria berusia 38 tahun bernama Tallmadge D’Elia dari Florida, Amerika Serikat, tewas setelah vape yang sedang ia isap meledak di mulutnya. Dua bagian dari vape ini kemudian terlontar dan memicu cedera parah pada kepalanya.

Dilansir dari Fox News, D’Elia mengalami kejadian nahas ini pada 5 Mei 2018 lalu. Tak hanya disebabkan oleh proyektil yang masuk ke dalam kepalanya, ia juga mengalami luka bakar hingga 80 persen.

Jasad D’Elia ditemukan oleh pihak pemadam kebakaran yang mendatangi rumahnya di kamar tidur lantai atas di rumahnya yang ada di kawasan St. Petersburg. Ledakan vape ini mengaktifkan alarm kebakaran di rumahnya. Saat itu, D’Elia sedang menggunakan vape berjenis Smok-E Mountain Mech Works yang dibuat di Filipina.

Ayah D’Elia, Christopher, menyebut kejadian ini sebagai hal yang sangat mengejutkan.

“Sebagaimana orang tua lainnya, aku tak ingin melihat putraku meninggal dengan cara yang mengenaskan seperti ini,” ucap sang ayah.

Sayangnya, belum jelas bagaimana bisa vape meledak saat digunakan D’Elia. Hanya saja, salah seorang pakar yang diwawancarai oleh ABC Action News menyebutkan bahwa ledakan ini sepertinya dipicu bagian atomizer atau disebabkan oleh masalah pada baterai. Pihak pembuat vape menyebutkan bahwa mereka sebenarnya sudah memperbaiki masalah-masalah tersebut, namun masih ada banyak baterai imitasi di pasaran yang tidak bisa dipastikan keamanannya.

“Sebenarnya aku sudah memintanya untuk tidak memakai vape karena baunya tidak enak. Saat itu, aku dan ibunya sedang pergi keluar jadi ia menggunakannya di dalam rumah,” ucap Christopher.

Cukup banyak kasus ledakan vape yang bisa memicu cedera parah atau kematian. Melihat adanya fakta ini, berhati-hatilah saat menggunakannya atau berhentilah menggunakan vape dan berbagai jenis rokok lainnya demi kesehatan tubuh.