Vaksin Influenza Tidak Disarankan untuk Penderita Alergi Telur

DokterSehat.com – Selain asupan makanan yang bergizi serta pola hidup sehat, untuk memerangi penyakit tubuh juga membutuhkan vaksin sebagai antibodi yang handal. Vaksin influenza juga bisa menjadi pelindung virus-virus flu. Pemberian vaksin influenza bisa membuat kondisi tubuh seseorang tidak terlalu lemah, seperti halnya orang yang tidak menggunakan vaksin saat terserang flu.



Tapi, nyatanya penggunaan vaksin influenza tetap harus diwaspadai orang yang alergi terhadap telur. Dr Iris Rengganis, seorang pakar Alergi Imunologi tidak menyarankan penggunaan vaksin influenza pada orang dengan alergi telur.

Iris menerangkan bahwa vaksin yang digunakan untuk penyakit influenza ini terbuat dari perkembangbikan telur. Karena itulah, para penderita alergi telur dikhawatirkan terkena dampaknya seperti gatal dan bentol di seluruh kulit.

Untuk memiliki antibodi yang baik dan maksimal sebagai pelindunh tubuh, sebaiknya kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tak hanya itu saja, pola hidup sehat juga perlu diterapkan oleh pasien, misalnya minum vitamin C tiap akan beraktivitas. Dengan demikian, antibodi yang seharusnya diproduksi  oleh vaksin bisa digantikan oleh kekebalan tubuh yang dibuat oleh makanan sehat dan vitamin.