Vagina Kerap Mengeluarkan Cairan Berwarna Cokelat? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh manusia yang memiliki mekanisme luar biasa adalah organ kewanitaan wanita. Tak hanya berperan besar dalam pembuangan air seni, organ kewanitaan wanita juga berperan besar dalam membuat wanita bisa mendapatkan kehamilan. Yang menarik adalah, vagina memiliki kemampuan khusus yang membuatnya bisa membersihkan dirinya sendiri. Salah satu cara pembersihan alami pada vagina dikenal luas sebagai keputihan.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan menyebutkan jika keputihan adalah hal yang sangat wajar terjadi pada wanita dan biasanya akan keluar tanpa menimbulkan bau, warna, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Keputihan ini sendiri adalah mekanisme pembersihan alami pada organ vital wanita untuk membuang berbagai sel-sel mati dalam tubuh dan juga berbagai bakteri yang tidak sehat.

Banyak wanita yang merasa heran tatkala dari organ vitalnya keluar cairan dengan warna kecoklatan. Hal ini tentu akan memicu rasa kekhawatiran andai cairan berwarna kecoklatan ini ternyata adalah tanda dari adanya masalah kesehatan. Beruntung, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika munculnya cairan kecoklatan tersebut adalah tanda dari kondisi kesehatan tertentu yang tidak berbahaya.

Penyebab pertama dari munculnya cairan berwarna kecoklatan dari vagina adalah tanda dari menjelang berakhirnya fase menstruasi. Cairan cokelat ini adalah sisa darah menstruasi yang memang harus dibuang. Andai cairan ini justru keluar sebelum fase menstruasi wanita tiba, bisa jadi di dalam tubuh wanita terjadi proses ovulasi. Selain itu, kondisi dimana wanita sedang mengkonsumsi pil KB ternyata bisa memicu gangguan keseimbangan hormon dan pada akhirnya membuat vagina mengeluarkan cairan kecoklatan. Selain itu, meskipun cukup jarang terjadi, cairan kecoklatan ini juga bisa keluar sebagai flek saat wanita sedang hamil.

Baca Juga:  Mengatur Nafas Dengan Baik Agar Olahraga Bisa Semakin Maksimal

Pakar kesehatan menyarankan wanita untuk memeriksakan kondisi ini andai cairan kecoklatan ini kerap keluar dengan jumlah yang banyak pada ibu hamil. Selain itu, ada pula kemungkinan hal ini adalah tanda dari penyakit kanker serviks yang mematikan sehingga harus diwaspadai.