Vagina Berjamur

DokterSehat.Com – Inveksi vagina merupakan masalah umum di kalangan wanita yang harus dihindari. Pasalnya, memiliki keluhan ini tak hanya bisa menurunkan kepercayaan diri, tetapi juga sampai menggangu aktivitas harian. Infeksi vagina paling menonjol dialami wanita umumnya terkait kekeringan, gatal dan iritasi pada daerah intim. Namun demikian, bukan berarti tak bisa dicegah semua hal itu.

12

Tanda-tanda

Kandidiasis vulvovaginal ditandai dengan :

  1. Rasa gatal dan rasa panas pada vulva dan vagina.
  1. Keputihan (berwarna putih seperti susu, cairan tebal dan plak warna putih yang melekat di vulva, vagina, dan serviks). Dijumpai gumpalan seperti keju pada dinding vagina.
  1. Sakit saat kencing (disuria).
  1. Nyeri saat berhubungan intim (dispareunia).
  1. 20-50 % penderita Kandidiasis vulvovaginal tidak menunjukkan gejala apapun (asimptomatis).

Untuk  mengetahui apa saja hal yang bica mencegah infeksi vagina itu, berikut ini ada tip perawatan pribadi yang bisa dijadikan referensi untuk mencegah infeksi vagina :

  1. Kering
    Jamur bisa tumbuh di daerah yang lembap. Jadi coba perhatikan pakaian dalam dan bawahan yang dikenakan. Pastikan daerah sekitar vagina tetap kering agar infeksi jamur tidak bertambah parah.
  1. Kebersihan
    Jangan malas menjaga kebersihan organ intim demi mempercepat penyembuhan infeksi jamur vagina. Caranya adalah mengganti pakaian dalam secara rutin, mengelap bagian intim dari arah depan ke belakang setelah buang air, rajin mengganti pembalut ketika sedang menstruasi.
  1. Bercinta
    Jika menderita infeksi jamur vagina, hentikan sementara aktivitas bercinta. Sebab hubungan seksual bisa memperparah kondisi dan menularkannya pada pasangan. Namun jika tak bisa menahan, anjurkan pasangan agar mau mengenakan kondom.
  1. Pola makan
    Coba perhatikan pola makan sehari-hari, apakah Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh? Sebab beberapa makanan juga berperan dalam meningkatkan risiko infeksi jamur. Sebut saja gula, makanan bertepung, dan berlemak tinggi.
Baca Juga:  Cara Bikin Suami Tergila-gila Pada Payudara Istri

Itulah tips menyembuhkan infeksi jamur vagina. Jika kondisi tidak membaik, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.