Vagina Berbau Tidak Sedap ? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Pasangan yang baru saja menikah biasanya memiliki masalah kurang percaya diri pada organ vitalnya masing-masing. Banyak kaum adam yang sangat takut dengan ukuran penis atau bahkan staminanya untuk berhubungan intim. Sebaliknya, kaum hawa justru mengalami masalah kurang percaya diri pada bau dari vaginanya. Ya, meskipun terlihat sepele, bau pada vagina ternyata menjadi salah satu hal yang sangat meresahkan. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi mood untuk berhubungan intim dengan suami. Apa sajakah penyebab dari bau pada vagina?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Banyak orang yang berpikir bahwa vagina memiliki aroma yang wangi layaknya bunga. Padahal, hampir semua bagian tubuh akan memiliki aroma tertentu, dan aroma normal dari vagina adalah sedikit amis. Yang menjadi masalah adalah, amis pada vagina bisa saja menjadi sangat menyengat sehingga membuat rasa tidak nyaman. Sebagai contoh, bau amis yang berlebihan biasanya disebabkan oleh bacterial vaginosis dimana jumlah bakteri pada vagina mengalami ketidakseimbangan dan menciptakan bau amis menyengat dengan adanya cairan putih atau abu-abu dan disertai dengan rasa gatal.

Kadang kala, vagina juga memiliki aroma layaknya roti dan biasanya hal ini disebabkan oleh infeksi jamur kandida. Jamur ini akan tumbuh di sekitar bibir vagina dan akan menyebabkan inveksi. Cairan pada vagina pun cenderung menjadi kental. Untuk mengatasi bau ini, kita bisa memaka obat anti jamur. Vagina juga bisa memiliki bau makanan layaknya bau bawang dimana bau ini disebabkan oleh air kencing atau hasil kotoran dari anus. Bau ini tidak perlu dikhawatirkan karena akan hilang seiring waktu dan kita bisa membersihkan vagina dengan air atau sabun. Jika wanita mengalami siklus menstruasi, maka jangan kaget jika vagina berbau agak busuk. Hal ini terjadi karena siklus normal yang tentu akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga:  Mastitis, Infeksi Saluran Payudara

Jika vagina anda memiliki bau yang sangat asam, penyebab dari masalah ini adalah masalah trichominiasis yang disebabkan oleh protozoa bernama trichomona. Hewan berukuran sangat kecil ini bisa menyebabkan infeksi pada vagina dan ditularkan dari hubungan intim. Selayaknya jika vagina mengalami bau amis, maka pengobatan dari vagina berbau asam adalah dengan memakai antibiotik.