Usus Bayi Bisa Semakin Sehat Jika Kerap Disusui

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika kegiatan memberikan ASI bagi sang buah hati akan memberikan dampak positif bagi perkembangan fisik, mental, dan juga kesehatan bayi. Baru-baru ini diadakanlah sebuah penelitian yang mempelajari tentang kegiatan menyusui bagi sang buah hati. Hasilnya adalah, ada begitu banyak sekali dampak positif bagi bayi yang mendapatkan ASI dari ibundanya.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Dari penelitian yang dilakukan oleh Duke University Medical Center ini, diketahui bahwa menyuusi ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh sang bayi mengalami peningkatan signifikan. Yang menarik adalah, ASI ternyata bisa membuat keseimbangan bakteri baik pada tubuh sang bayi bisa terjaga dengan baik, khususnya yang terdapat pada usus bayi. Hal ini ternyata sama sekali tidak bisa didapatkan jika sang bayi hanya mendapatkan asupan susu formula atau susu sapi.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika bakteri-bakteri ini kemudian akan berkembang dengan sangat signifikan dan kemudian membentuk semacam lapisan biofilm yang berasal dari bakteri yang saling berkaitan. Lapisan biofilm sendiri adalah semacam lapisan tipis yang terdapat pada usus bayi dan bisa menjadi pelindung yang sangat kuat dari berbagai macam mikroorganisme, bakteri, kukam, hingga virus berbahaya dan infeksi. Berbeda dengan yang ditampakkan pada bayi yang rutin mengkonsumsi ASI, mereka yang hanya diberi susu formula, susu kedelai, atau bahkan susu sapi ternyata dalam bakteri di dalam usus hanya akan tumbuh sebagai organisme individual yang tidak akan mampu membentuk lapisan biofilm ini.

Melihat adanya fakta ini, peneliti William Parker yang sudah dikenal sebagai pakar kesehatan senior pun berkata jika ini adalah kabar gembira bagi ibu-ibu yang memperjuangkan ASI bagi sang buah hati, namun, bagi produsen susu formula, hal ini juga bisa menjadi pelecut agar susu-susu formula di masa depan juga sebaiknya mampu membentuk koloni bakteri yang bisa memberikan kesehatan ekstra bagi usus bayi.