Usia Muda Belum Tentu Aman dari Serangan Jantung

DokterSehat.Com– Penyakit jantung biasanya kerap dikaitkan dengan orang yang sudah berusia lanjut. Tapi kini penyakit mematikan ini sudah banyak diderita orang yang masih muda bahkan remaja. Mengapa demikian?

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Faktor perubahan lingkungan, gaya hidup tidak sehat, dan kerap mengonsumsi junk food merupakan beberapa faktor yang menyebabkan penyakit jantung kian banyak menyerang kaum muda. Padahal secara teori penyakit kronis seperti jantung dan diabetes dapat muncul pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

Kini serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita kaum muda. Menurut spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Pudjo Rahasto kebiasaan merokok merupakan penyebab tertinggi kaum muda menjadi rentan terhadap serangan jantung.

Dr. Pudjo mengingatkan jika sudah banyak informasi yang menjelaskan bahwa merokok dapat merusak koroner jantung. Tentu saja kebiasaan merokok ini dapat meningkatkan risiko dua kali lebih tinggi bagi kaum muda untuk terserang penyakit jantung.

Gejala serangan jantung  yang perlu Anda waspadai antara lain munculnya rasa sakit dada bagian kiri yang menjalar ke lengan kiri, leher, dan punggung. Segeralah beristirahat jika gejala tersebut muncul dan jika gejala hilang kemudian kambuh hanya pada saat melakukan kegiatan tertentu saja , ini masih dikategorikan stabil.

Namun, Anda harus tetap waspada jika gejala tak kunjung reda bahkan setelah Anda beristirahat. Bila lebih dari 15 menit gejala tidak hilang segera bawa ke rumah sakit terdekat.